Adab Santri Terhadap Orang Tua

5 Adab Santri Terhadap Orang Tua

Di pondok pesantren juga mengajarkan bagaimana adab santri terhadap orang tua yang baik dan benar, sehingga bisa menjadi ladang pahala.

Setidaknya ada Lima adab yang harus dipelajari dan diterapkan oleh para santri jika berinteraksi bersama orang tua atau orang yang lebih tua dari mereka. Berikut penjelasannya.

Adab Santri Terhadap Orang Tua

  • Mentaati semua perintahnya

Pertama, para santri diajarkan untuk menaati semua perintah dari orang tua. Kalau tidak, bisa mendapatkan dosa karena tindakan ini adalah salah satu tindakan durhaka pada orang tua.

Selama orang tua memberi perintah yang baik untuk tidak berbuat atau keburukan, maka seorang anak wajib patuh dan taat. Jangan pernah membangkan perintah bahkan sampai orang tua benci pada anaknya, karena nanti Allah akan ikut membenci anak tersebut.

  • Merendahkan suara saat berbicara

Sebagai santri diwajibkan untuk menjaga ucapan saat berbicara dengan orang tua, pastikan nada bicaranya lemah lembut dan rendah. Jangan pernah meninggikan suara seperti membentak atau berteriak, karena sikap tersebut bisa membuat orang tua sakit hati.

  • Membahagiakan kedua orang tua

Orang tua tidak pernah meminta seorang anak untuk membalas semua uang dan keringat yang sudah mereka hasilkan. Makanya, para santri diajarkan memiliki inisiatif untuk membahagiakan kedua orang tua.

Karena kebahagiaan kedua orang tua adalah ridho dari Allah juga. Beberapa cara membahagiakan orang tua seperti rajin ikut kajian, membaca Al Qur’an, rajin ke masjid, membantu pekerjaan rumah, berbakti pada orang tua, betah di pondok dan lainnya.

  • Bersyukur atas semua pemberian orang tua

Tidak semua orang tua mempunya harta yang berlimpah, kadang mereka hanya punya sedikit harta yang hanya cukup untuk penuhi kebutuhan keseharian dirumah. Sehingga para santri mengalami telat dikirimi uang atau tidak dikirim uang.

Jika mengalami hal tersebut cobalah untuk lebih bersabar dan jangan mengeluh harus tetap bersyukur. Karena diluar sana masih banyak orang yang lebih menderita dari Anda.

Karena sejatinya para orang tua selalu berupaya memberikan yang terbaik untuk anaknya. Jika mendapat kiriman uang jangan lihat dari nominalnya, lihatlah perjuangan mereka untuk penuhi semua kebutuhan Anda.

  • Mendoakan kedua orang tua

Terakhir dilansir dari pesantrenterbaik.com, adab santri terhadap orang tua adalah mendoakan kedua orang tua, baik yang masih hidup atau sudah wafat. 

Jika kedua orang tua Anda masih hidup doakan agar mereka senantiasa diberikan rahmat, kesehatan, kemudahan mencari rezeki dan taufiq dari Allah SWT.

Tapi jika sudah wafat, doakan agar seluruh dosa mereka diampuni oleh Allah SWT, terhindar dari azab dan siksa kubur.

Dari lima adab santri terhadap orang tua ini semoga bisa menjadi contoh bagi Anda bagaimana perilaku yang baik jika berinteraksi sama orang tua, silahkan Anda terapkan setiap harinya.

Tinggalkan Balasan:

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.