9 Tips Mengajar Anak Mengaji Iqro, Mudah & Cepat Lancar!

Penting bagi orang tua untuk mengajar anak mengaji iqro sejak dini. Belajar mengaji iqro menurut Islam merupakan metode dasar untuk dipelajari oleh anak-anak. Saat kecil anak akan lebih mudah menyerap seluruh materi pembelajaran dengan cepat, untuk itu mengaji harus segera diajarkan.

Biasanya, iqro lebih mudah dipahami dikarenakan bacaannya yang sederhana. Namun Anda tetap memerlukan cara khusus supaya anak segera lancar dalam membaca huruf-huruf Arab yang dimulai dengan membaca iqro sehingga jika sudah lancar, anak dapat beranjak ke tahap selanjutnya.

Salah satu ibadah yang penting untuk diajarkan pada anak oleh orangtua adalah mengaji. Sebagai pemula, Anda harus mengajarkan anak mengenai iqro terlebih dahulu. Di bawah ini merupakan tips agar anak lebih mudah dalam mengaji iqro.

  • Mengenalkan huruf-huruf hijaiyah

Mempelajari huruf hijaiyah sama seperti mengenalkan anak mengenai alfabet yakni A I U E O. Anda dapat mengenalkan huruf hijaiyah dan alfabet secara bersamaan. Semakin lama anak akan semakin hafal dengan huruf-huruf tersebut dan mulai mempraktikkannya dalam mengaji.

  • Mengulang huruf-huruf hijaiyah

Setelah mempelajarinya sedikit demi sedikit, Anda harus membantu anak untuk mengulang huruf-huruf hijaiyah yang telah dipelajari setiap hari. Saat anak mengulangnya, huruf-huruf tersebut akan terekam di otak anak dan membuatnya mengingat lebih lama.

  • Membaca iqro sambil bernyanyi

Salah satu cara yang juga mudah adalah menghafal huruf-huruf hijaiyah sambil bernyanyi. Nada-nada pada lagu tersebut akan lebih mudah terekam di otak anak. Anda dapat mencari referensi lagu tentang huruf hijaiyah di Youtube dan memutar nya di depan anak secara berulang.

  • Menceritakan kisah-kisah dalam Al-Quran

Menceritakan kisah-kisah yang ada di Al-Quran juga dapat membuat anak lebih semangat mengaji dan penasaran dengan isi cerita yang ada di dalam Al-Quran. Dengan bercerita, anak pun jadi tidak mudah bosan dan memiliki motivasi yang tinggi untuk belajar mengaji bersama Anda.

  • Diajarkan oleh guru ngaji

Biasanya, guru ngaji memiliki metode belajar yang menyenangkan untuk diajarkan pada anak. Selain guru ngaji privat, Anda juga dapat mengajak anak Anda mengaji di TPA. Di TPA tentu anak akan lebih merasa senang karena banyak teman yang juga belajar mengaji bersama.

  • Memanfaatkan teknologi digital

Di zaman sekarang, anak lebih suka bermain gadget. Daripada anak bermain gadget untuk hal yang tidak perlu, lebih baik Anda mengarahkannya untuk mempelajari iqro. Anda dapat membantu anak membuka video-video Youtube seputar huruf-huruf hijaiyah.

Selain itu, Anda juga bisa mendownload aplikasi mengaji digital agar anak mau mendengarkan lantunan ayat suci Al-Quran bahkan belajar mengaji melalui gadget. Hal tersebut akan membuat anak lebih bersemangat dalam belajar mengaji iqro.

  • Menggunakan istilah-istilah yang unik

Anda dapat menggunakan istilah-istilah unik dalam mengajari anak belajar iqro seperti menggantikan bunyi huruf hijaiyah dengan kata kerja maupun kata benda. Misalnya, huruf a (ا) diganti menjadi anggur, huruf ba (ب) untuk baling-baling, atau ta (ت) menjadi tahu, dan lainnya.

Dengan begitu, anak akan lebih mudah mengingat huruf-huruf hijaiyah tersebut, bukan?

  • Mengaji sambil bermain games

Bermain games akan membuat anak lebih termotivasi untuk belajar. Anda bisa menghadirkan beberapa kuis seputar huruf-huruf hijaiyah yang nantinya akan dijawab oleh anak. Anak akan tergerak untuk lebih mempelajari iqro agar bisa menjawab pertanyaan yang Anda berikan.

Anda juga bisa mengajak anggota keluarga untuk meramaikan bermain games bersama anak agar anak tidak merasa sendiri. Suasana yang ramai akan membuat anak lebih bersemangat, apalagi jika Anda memberikan reward saat anak berhasil menjawab pertanyaan.

  • Memberi pemahaman manfaat mengaji

Anda juga jangan lupa untuk memberikan pemahaman pada anak tentang manfaat mengaji yang dapat menyelamatkan umat manusia di dunia dan di akhirat. Dengan begitu, anak akan tergerak hatinya untuk selalu belajar mengaji.

Ya, itu tadi merupakan tips mengajar anak mengaji iqro yang harus dilakukan sejak dini. Seperti yang Anda tahu, manfaat mengaji tak hanya untuk keselamatan dunia tapi untuk keselamatan di akhirat kelak. Untuk itu, konsistenlah dalam mengajari anak mengaji iqro.

Tinggalkan Balasan:

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.