Apa-itu-Catnip-dan-bagaimana-pengaruh-catnip-pada-kucing

Apa itu Catnip? Ciri Tumbuhan, Fungsi, dan Cara Pakainya

Pernah denger catnip? Itu loh, tanaman yang katanya bisa bikin kucing ngefly. Beberapa YouTuber yang memiliki kucing pernah menguji coba catnip pada kucing peliharaan mereka. Dan hasilnya ada kucing yang jadi sangat tidur dan lebih santai. Namun, ada juga kucing pendiam yang berubah jadi agresif. Sebenarnya, catnip itu apa sih? Kenapa kucing bisa bereaksi dengan catnip? Melalui artikel ini, kami akan menjawab semua rasa penasaran kamu tentang catnip. Yuk, ikuti pembahasannya sampai selesai.

Apa itu Catnip?

Gambar tanaman catnip Nepeta cataria.
Nama ilmiah binomialNepeta cataria
KerajaanPlantae
DivisiMagnoliophyta
KelasMagnoliopsida
OrdoLamiales
FamiliLamiaceae
GenusNepeta
SpesiesN. cataria

Catnip (Nepeta cataria) adalah tanaman perdu dari genus Nepeta, keluarga Lamiaceae yang memiliki tinggi sekitar 50-100 cm. Tanaman catnip berasal sari daerah Eropa bagian selatan dan bagian timur, Timur Tengah, Asia Tengah dan Cina.

Karena catnip ditemukan dari berbagai daerah yang berbeda, maka Nepeta cataria memiliki berbagai sebutan di berbagai wilayah. Misalnya, Nepeta cataria sering juga dikenal sebagai catnip, catswort, atau catmint.

Mungkin kamu bertanya, kenapa Nepeta cataria disebut dengan catnip? Jauh banget penyebutannya dari nama ilmiahnya? Nama catnip berasal dari perilaku aneh kucing yang tiba-tiba suka menggigit benda di dekatnya setelah berinteraksi dengan tanaman Nepeta cataria. Maka, banyak orang menyebut Nepete cataria sebagai catnip (tanaman yang membuat kucing berperilaku aneh dan gemar menggigit).

Tumbuhan Catnip

Tumbuhan-Catnip-kucing-Nepeta-cataria
Morfology tanaman catnip.

Ciri-ciri tanaman catnip adalah berbatang lunak, menyerupai semak, terlihat seperti tanaman mint dan memiliki bunga berwarna pink atau putih keunguan.

Bentuk tanaman catnip itu seperti tanaman semak yang memiliki batang lunak. Jika boleh dibilang mirip, tanaman catnip mirip dengan tanaman mint. Bentuk daun catnip menyerupai segitiga-oval dengan permukaan daun yang kasar dan bergerigi.

Bentuk bunga catnip berukuran kecil. Bunga catnip berwarna pink atau putih dengan beberapa bagian berwarna ungu. Bunga catnip sangat menonjol dan menarik perhatian. Saat bunga mekar sempurna, bunga catnip sangat wangi. Biasanya catnip mekar di akhir musim semi.

Aroma catnip seperti apa? Jika boleh mendeskripsikan, aroma catnip itu seperti aroma mintsemriwing”. Hehe.

Apakah catnip bisa ditanam secara mandiri? Bibit catnip berupa apa?

Bisa, semua orang bisa menanam catnip di kebunnya. Kamu tinggal beli biji catnip untuk dijadikan bibit catnip. Biji catnip menyerupai kedelai hitam dengan butiran yang sedikit lebih kecil. Kamu dapat membeli bibit catnip secara online di marketplace.

KeteranganHarga Catnip
Bibit Catnip (seed plants).Rp35.000,00.
Catnip sachet 5 g (bubuk daun catnip).Rp9.000,00.
Catnip Catmint 30 g import.Rp75.000,00.

Di marketplace, kamu dapat menemukan catnip dalam 5 bentuk, yaitu:

  • Bibit catnip: catnip yang ditanam di dalam pot bunga kecil.
  • Catnip kering: daun atau batang catnip yang telah dirajang halus dan dikeringkan.
  • Minyak catnip (Nepetalactone oil): tanaman catnip yang sudah diproses menjadi minyak dan dikemas dalam botol vial atau botol spray.
  • Mainan catnip: mainan kucing yang sudah diberi catnip dalamnya.
  • Bubuk catnip: catnip kering dalam bentuk serbuk halus.

Reaksi Kucing saat Menghirup Bau Catnip

Kucing yang menghirup bau catnip akan menghirup senyawa nepetalactone. Zat kimia tersebut akan berikatan dengan reseptor yang ada di hidung kucing. Selanjutnya, nepetalactone akan merangsang neuron sensorik yang menuju ke otak kucing. Dalam sekejam nepetalactone bisa mengubah aktivitas di beberapa area otak kucing, termasuk bulbus olfaktorius, amigdala dan hipotalamus. Area otak tersebut sangat berhubungan dengan emosi hewan.

Karena nepetaloactone dari catnip bisa mempengaruhi otak kucing sampai mengubah emosi kucing, kucing bisa mendadak berperilaku aneh. Kucing bisa menjadi sangat senang, sangat emosional dan sangat sensitif terhadap benda di sekitarnya.

Senyawa biokimia yang bertanggung jawab terhadap perilaku aneh kucing yang ditimbulkan oleh catnip adalah Nepetalactone, actinidine dan indomyrmecin. Menurut penelitian drh. Patricia, hanya 60% kucing yang terpengaruh oleh senyawa kimia yang ada di dalam catnip. Jadi, Tidak semua kucing akan bereaksi dengan catnip. Bagi kucing yang bereaksi dengan catnip, ada beberapa gejala umum yang terlihat jelas. Beberapa macam reaksi saat kucing menghirup bau catnip.

Semua reaksi tersebut kebanyakan terjadi pada kucing dewasa. Kucing di bawah 6 bulan tidak menunjukkan reaksi yang aneh-aneh saat mencium bau catnip.

Berapa lama reaksi catnip terhadap kucing? Biasanya reaksi catnip berlangsung seketika dan efek catnip berlangsung selama 30 menit. Beberapa orang menyebut reaksi catnip seperti orang pengguna obat terlarang. Tapi, menurut Grognet tidak benar. Melalui penelitiannya, Grognet berpendapat, ”Kucing yang mencium bau catnip akan menunjukkan reaksi yang sama secara berulang. Jika reaksi kucing berguling-guling, maka saat mencium catnip untuk kedua kalinya dia akan berguling-guling juga. Reaksi ini tidak acak seperti manusia yang memakai obat terlarang”.

5 Fungsi Catnip untuk Kucing

Setelah para dokter hewan mempelajari tanaman catnip secara mendalam, mereka menemukan berbagai fungsi menarik dari catnip untuk kucing. Berikut 5 fungsi catnip untuk kucing:

1. Sebagai Mainan Kucing untuk Menghilangkan Bosan dan Penat

Produsen mainan kucing ada yang memberikan catnip di dalam mainan kucing agar kucing betah bermain dengan mainan tersebut. Dengan begitu, kucing tidak bosan saat ditinggal di rumah sendirian.

2. Sebagai Alat Bantu Melatih Kucing

Jika kamu memiliki kucing yang sering mencakar sofa, kamu dapat mengurangi kebiasaan buruk tersebut dengan menggunakan catnip. Taburkan bubuk catnip atau semprotkan minyak catnip di tiang garukan kucing. Dan ajaklah kucing untuk menggunakan tiang garukan tersebut.

Awalnya kucing hanya akan menciumi bau asing dari tiang garukan favoritnya. Akan tetapi, lama kelamaan kucing akan familier dan suka dengan bau tersebut. Sampai akhirnya, kucing akan senang bermain di tiang garukan tersebut dan meningkatkan perilaku buruknya dalam mencakar sofa.

3. Sebagai Aroma Terapi untuk Mengatasi Kucing Birahi Tanpa Dikawinkan

Di awal pembahasan kami menyebutkan bahwa catnip bisa memberikan efek menenangkan bagi kucing. Hal ini karena senyawa kimia Nepetalactone, actinidine dan indomyrmecin dapat mempengaruhi otak kucing sehingga emosi kucing lebih tenang.

Nah, efek tersebut bisa kamu jadikan senjata rahasia dalam mengatasi kucing birahi yang mulai berontak dan tidak terkendali. Taburkan saja catnip di tempat tidur kucing, tiang garukan kucing dan mainan kucing. Biarkan kucing menciumi baunya. Jikalau kucing penasaran dan memakannya itu tidak berefek negatif untuk kucing. Jadi, penggunaan catnip aman.

Kamu juga dapat mengombinasikan catnip dengan metode mengatasi kucing birahi yang lain. Detail pengaplikasiannya, silakan ikuti panduan cara mengatasi kucing birahi tanpa dikawinkan ini.

4. Untuk Mencegah Kucing Stres karena Pindah Rumah

.Kucing yang pindah rumah akan merasa asing dan takut dengan lingkungan barunya. Dia merasa terancam dan stres. Jika berlangsung dalam waktu lama, nafsu makan kucing akan berkurang, kucing sakit hingga kucing stres berat.

Kamu bisa mengatasi kondisi tersebut dengan catnip. Taburkan catnip di tempat tidur kucing, tiang garukan kucing dan mainan favorit kucing. Biarkan kucing yang stres tadi menciumi baunya. Tunggu reaksi kucing setelah menghirup catnip tersebut. Dalam waktu singkat, kucing menjadi lebih rileks, tidak penakut dan stress level kucing berkurang.

5. Sebagai Meningkatkan Respon Kucing

Beberapa kucing memang memiliki karakter pendiam dan sulit untuk diajak sosialisasi. Namun, kamu bisa meningkatkan respons motorik kucing dengan bantuan catnip. Coba saja kasih catnip pada kucing yang pendiam, lalu mulailah latih kucing secara perlahan dengan clicker training.

Untuk meningkatkan respon kucing, mungkin kamu butuh berbagai jenis catnip. Mulailah dengan catnip serbuk terlebih dahulu baru berlanjut ke minyak catnip yang disemprotkan. Semakin tinggi kadar Nepetalactone, semakin cepat peningkatan respon kucing.

Kenapa Kucing Sangat Menyukai Catnip?

Kenapa Kucing Sangat Menyukai Catnip?

Kucing menyukai catnip karena catnip mengeluarkan bau menyerupai mint yang memberikan efek menyenangkan bagi otak kucing. Ada yang bikin rileks, ada yang bikin lebih aktif dan ada yang bikin ngefly.

Karena ada perubahan emosional di dalam otak kucing, kucing menjadi merasa bahagia sesaat. Dengan begitu, kucing akan mengasosiasikan aroma catnip dengan perasaan rileks dan bahagia. Sehingga, kucing yang bereaksi dengan catnip, ke depannya akan menyukai catnip.

Cara Menggunakan Catnip Kucing

Kamu bisa menggunakan catnip melalui berbagai cara, di antaranya:

  1. Taburkan catnip kering langsung ke lantai, bantal, papan garukan atau ruang bermain kucing.
  2. Semprotkan minyak catnip ke benda-benda khusus yang mudah menyerap minyak, misalnya, selimut kucing, tempat tidur kucing, boneka mainan kucing.
  3. Bungkus catnip kering dengan kain atau kaos kaki lalu gantungkan di ruang bermain kucing.
  4. Masukkan catnip di dalam mainan kucing.
  5. Tanam tumbuhan catnip di pot kecil lalu taruh di ruang bermain kucing.

Catatan: Catnip tidak berbahaya untuk kucing. Dan catnip juga tidak membuat kucing kecanduan. Jadi, aman untuk kamu berikan ke kucing.

Demikian penjelasan lengkap terkait apa itu catnip dan berbagai fungsi catnip untuk kucing. Jika ada informasi yang saya lewatkan, tolong ingatkan saya melalui kolom komentar di bawah.

Tinggalkan Balasan:

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *