cara membuka usaha laundry koin

Cara Membuka Usaha Laundry Koin Untuk Pemula

Cara membuka usaha laundry koin tidak sulit. Tetapi memang membutuhkan modal lebih besar dibandingkan usaha laundry biasa. Maka dari itu, untuk membangun bisnis harus direncanakan dengan matang.

Bagi yang ingin membuka usaha laundry jenis koin maka berikut dijelaskan cara-caranya.

Jika tahapan ini dilakukan tentu usaha bisa dijalankan. Begini cara-cara yang dimaksud:

Tahapan untuk Memulai Usaha Laundry untuk Pemula

cara membuka usaha laundry koin

Tahapan di bawah ini merupakan tahapan secara umum untuk memulai sebagai pegangan nantinya.

Perihal peluang dan pasar, membutuhkan riset yang lebih mendalam, Anda bisa survei ke daerah tersebut hingga melihat keresahan masyarakat. Apakah mereka benar-benar membutuhkan laundry koin atau sekedar laundry biasa.

Secara singkat, daerah yang ramai mahasiswa buka usaha laundry koin ini relatif laku. Berdasarkan pengalaman saya sendiri lebih memilih laundry koin dibanding laundry biasa, lebih murah si. Hehe.

Okay lanjut ke tips berikutnya.

1. Lakukan Perencanaan yang Matang

Cara membuka usaha laundry koin yang pertama adalah melakukan perencanaan matang. Baik dari segi modal, biaya sewa koin, tempat bisnis dan lain sebagainya.

Bisnis perlu direncanakan karena biaya yang dikeluarkan cukup besar. Bahkan harga mesin cuci koin di atas Rp10.000.000, lebih mahal dibandingkan mesin cuci biasa. Jadi sebisa mungkin modal yang dikeluarkan dengan keuntungan yang dihasilkan dicatat detail.

2. Tentukan Tempat Berbisnis

Karena modalnya besar maka tempat usahanya harus ramai dikunjungi. Sebisa mungkin membangun tempat usaha di area publik sehingga orang yang lewat mengetahui kalau ada jasa laundry koin.

Jika tempat usahanya strategis pasti banyak pelanggan yang datang. Karena jasa laundry koin lebih cepat dibandingkan jasa laundry biasa. Sebab yang mencuci adalah pelanggan sendiri sehingga bisa selesai hari itu juga.

3. Membeli Mesin Cuci Koin

Jika ke dua tahapan di atas dijalankan maka tahapan berikutnya ialah membeli mesin cuci tipe koin. Harganya memang mahal tetapi kualitasnya lebih bagus dibandingkan yang biasa.

Untuk pengadaan mesin cuci dibutuhkan minimal 5 unit. Ini untuk mencegah antrean panjang karena yang mencuci adalah pelanggan sendiri. Jika harga perunit Rp16.000.000 berarti untuk modal pengadaan dibutuhkan uang Rp80.000.000.

Perihal rekomendasi mesin cuci, bisa Anda cek di rekomended.com kategori elektronik. Selain itu, bisa juga menjalin kerjasama franchise dengan merk yang sudah membangun laundry koin. Disini Anda lebih memikirkan pemasaran.

4. Lakukan Promosi Jasa Usaha

Untuk mendapatkan pelanggan banyak promosi harus dilakukan secara intensif. Caranya pun menyeluruh tidak boleh teknik promo itu-itu saja.

Silakan memasang banner di depan toko. Bisa juga dengan mempromosikan jasa melalui media radio, website, you tube dan selainnya. Pamflet bisa dipasang di pinggir jalan supaya banyak orang melihatnya.

5. Sewa Pekerja   

Untuk membuka usaha laundry koin tidak dibutuhkan tenaga kerja banyak. Karena yang mencuci bukan pemilik melainkan pelanggan sendiri. Akan tetapi, banyak orang tidak mengetahui cara mencuci menggunakan mesin cuci koin, maka ditunjuklah pekerja untuk membantu mereka.

Pekerja bisa difungsikan sebagai kasir serta petugas yang memperbaiki mesin. Cara kelima ini harus diperhatikan sungguh-sungguh jika ingin bisnis berkembang pesat.

6. Membuka Jasa Tambahan

Agar menarik minat jasa penyetrikaan bisa ditambahkan. Apalagi jika memiliki pekerja banyak sehingga bisa diintruksikan untuk mengerjakan jasa. Nantinya pelanggan tidak hanya membawa busana bersih dan harum tetapi juga rapi. Sampai di rumah tinggal diletakkan di lemari tanpa menyetrika kembali.

Jika pelayanan maksimal tentu pelanggan puas. Bisa jadi ada tip khusus yang diberikan kepada pekerja.

7. Promosikan Jasa Di Media Sosial

Cara membuka usaha laundry koin yang ke tujuh ialah mempromosikan jasa di media sosial. Silakan dipilih share di Facebook, WhatsApp, Twitter, Instagram atau di empat-empatnya.

Langkah ini adalah syarat jasa dikenal lebih luas. Biaya yang dikeluarkan tidak mahal karena yang dibutuhkan hanya smartphone dan paket internet saja. Paling banter hanya butuh ratusan ribu saja.

Bisnis laundry koin kurang familiar di Indonesia. Maka dari itu, persaingan bisnis tentu tidak besar. Ini bisa dimanfaatkan untuk menjaring pelanggan sebanyak-banyaknya agar modal cepat kembali dan profit mengalir tanpa henti.

8. Menyediakan Fasilitas Pendukung

Pelanggan yang menggunakan jasa pasti antre. Karena mereka menunggu proses pencucian hari itu juga. Maka dari itu, harus disediakan fasilitas yang membuat pelanggan nyaman menunggu.

Fasilitas yang dimaksud berupa toko yang menjual snack dan minuman, buku-buku bacaan dan lain sebagainya. Jika dipersiapkan tentu pelanggan lebih betah. Dijamin, keesokan harinya mereka kembali datang membawa pelanggan yang lebih banyak.

Jika pelanggan tidak antre maka dipersiapkan sarana pengantaran. Sebagian orang memilih jasa ini karena sehabis memasukkan cucian ke mesin, mereka langsung bayar dan pulang. Pelayanan semacam ini bisa meningkatkan kepercayaan pelanggan kepada pemilik jasa.

9. Melakukan Pencatatan Keuangan Dengan Benar Dan Detil

Langkah ke sembilan ialah melakukan pencatatan keuangan hasil jasa. Pastikan modal, laba, rugi dicatat dengan benar dan detail. Karena catatan tersebut yang dijadikan dasar penentuan apakah bisnis untung atau sebaliknya.

Jika usaha skala kecil-kecilan pencatatan ini bisa dilakukan sendiri. Tetapi jika pelanggan banyak bahkan ada cabang usaha di lain tempat, perlu disewa tenaga akuntansi khusus untuk melakukan pencatatan.

10. Berdoa

Jika semua cara dilakukan maka yang tak kalah penting adalah berdoa agar bisnis sukses. Tahapan ini meningkatkan keyakinan kalau yang diusahakan pasti diberikan kesuksesan dan keberuntungan.

Jika pun mendapatkan kerugian tidak berefek pada keputusasaan. Tetapi masih ada keinginan mengembangkan usaha dengan lebih bersemangat dan bergairah. Biasanya usaha kedua yang mendatangkan laba fantastis.

Kalau cara membuka usaha laundry koin di atas dijalankan bukan tidak mungkin bisnis akan membawa kesuksesan yang besar. Bahkan memiliki cabang usaha di banyak tempat juga bukan hal mustahil. Maka dari itu, terapkan caranya dan raup keuntungannya.

Tinggalkan Balasan:

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *