Cara Mendapatkan Uang Dari Internet

Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin maju dan canggih, kamu bisa memanfaatkan internet dan smartphone yang kamu miliki untuk mendapatkan uang. Lalu, bagaimana cara mendapatkan uang dari internet yang paling mudah dan efektif dengan hasil menjanjikan?

Salah satu cara mendapatkan uang melalui internet bisa kamu lakukan dengan menjadi freelancer atau pekerja lepas. Simak ulasan berikut ini untuk mengetahui beberapa rekomendasi pekerjaan freelance yang bisa kamu coba untuk mendapatkan penghasilan tambahan.

Cara Mendapatkan Uang dari Internet yang Hasilnya Menjanjikan

Mendapatkan penghasilan tambahan melalui internet memang sudah bukan hal yang baru lagi. Ada beberapa pekerjaan freelance yang bisa membantu menambah pundi-pundi uangmu cukup dengan bermodalkan internet dan gadget antara lain sebagai berikut.  

Jualan Online

Salah satu cara paling mudah mendapatkan uang dari internet tanpa perlu mengeluarkan modal adalah dengan berjualan secara online. Kamu bisa menjual berbagai produk seperti fashion, makanan dan minuman, alat-alat olahraga, barang elektronik, kosmetik, dan lain sebagainya.

Bagi kamu yang tidak memiliki modal, dropship bisa menjadi solusi yang tepat. Dropship merupakan istilah dalam jual beli produk milik orang lain, namun kamu tidak perlu membelinya terlebih dahulu. Kamu cukup mengunggah foto produk dan mempromosikannya ke media sosial.

Nantinya, kalau pembeli menginginkan produk yang kamu jual, kamu tinggal menghubungi supplier atau pemilik produk untuk mengirimkan produk yang diinginkan pembeli. Jadi, kamu tidak perlu menyetok barang yang membutuhkan modal cukup besar.

Jasa Penulis Artikel

Rekomendasi cara mendapatkan uang dari internet selanjutnya yaitu menjadi freelance writer atau penulis lepas. Untuk menyediakan jasa penulis artikel, kamu harus memiliki kemampuan mengolah dan menyusun kata yang baik dan benar.

Kamu bisa bergabung ke dalam situs-situs penyalur freelance seperti Sribulancer, Projects.co.id, atau situs freelance lainnya.  Situs freelance ini akan memudahkan kamu bertemu dengan para klien seperti blogger atau perusahan yang membutuhkan jasa penulisan artikel untuk mengisi website mereka.

Selain itu, kamu juga bisa membuat blog sendiri yang bisa diisi dengan artikel-artikel yang sudah kamu tulis. Dengan begitu, kamu bisa menyakinkan para klien yang ingin menggunakan jasa penulisan yang kamu tawarkan.

Hasil yang didapatkan dari jasa penulisan artikel ini juga lumayan menjanjikan. Semakin bagus kualitas tulisan yang kamu buat, maka kamu juga bisa mematok dengan harga yang tinggi.

Jasa Edit Foto

Bagi kamu yang hobi fotografi dan punya keahlian edit foto kamu bisa menjadi jasa edit foto untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Cukup bermodalkan kamera smartphone berkualitas HD, aplikasi edit, dan koneksi internet, kamu sudah bisa menjual hasil jepretanmu ke website.

Salah satu situs yang bisa kamu manfaatkan untuk menjual foto yaitu Shutterstock. Kalau hasil fotomu bagus dan berkualitas, kesempatanmu juga semakin besar untuk direkrut perusahaan yang membutuhkan jasa foto untuk keperluan bisnis.

Guru Bahasa Online

Buat kamu yang ahli dalam berbahasa asing, kamu bisa mendapatkan uang melalui internet dengan menjadi guru bahasa asing secara online. Apalagi jika kamu memiliki sertifikat keahlian berbahasa asing, maka kesempatanmu untuk mendapatkan murid juga semakin besar.

Beberapa website yang bisa kamu coba untuk menawarkan jasa sebagai guru bahasa asing secara online antara lain Remote.co, italki, Learn4Good, VerbalPlanet, atau Chegg Tutors. Untuk tarif menjadi guru bahasa asing secara online juga bisa kamu tentukan sendiri sesuai skill yang dikuasai.

Youtuber

Menjadi seorang Youtuber atau content creator di platform Youtube adalah cara mendapatkan uang dari internet yang efektif dengan penghasilan yang menggiurkan. Ada 2 cara yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan uang dari Youtube yaitu dengan sistem iklan dan jumlah subscribers.

Pekerjaan ini bahkan dijadikan sebagai pekerjaan impian bagi kaum milenial. Kalau channel Youtube-mu memiliki banyak subscribers dan penonton, maka penghasilan yang didapatkan juga bernilai fantastis mulai dari jutaan rupiah hingga ratusan juta rupiah,

Ada 2 tipe channel yang disukai dan sukses menarik perhatian pengguna Youtube yaitu video edukasi dan video hiburan seperti web series, video prank, komedi, review barang, dan lain sebagainya. Bagi pemula, kamu bisa menggunakan kamera smartphone untuk membuat konten.

Meski penghasilan yang ditawarkan bernilai fantastis, untuk menjadi Youtuber yang sukses diperlukan konsistensi dan ide-ide yang kreatif, serta inovatif.

Influencer

Selain Youtuber, cara mendapatkan uang melalui internet juga bisa kamu lakukan dengan menjadi influencer. Seorang influencer harus bisa mempengaruhi dan membujuk audiens untuk menggunakan dan membeli suatu produk tertentu.

Untuk menjadi influencer, kamu tidak perlu menjadi artis atau public figure terlebih dahulu. Kamu bisa memulainya sebagai selebgram atau selebritis Instagram. Kamu bisa mempromosikan produk dari merchant atau toko online tertentu.

Nantinya, kamu bisa mendapatkan sejumlah uang dari endorsement atau paid promote. Syarat menjadi selebgram atau influencer adalah kamu harus memiliki jumlah followers yang banyak dan kemampuan mereview produk dengan baik untuk meningkatkan penjualan.

SEO Specialist

Bagi kamu yang memiliki keahlian dalam SEO (Search Engine Optimization), kamu bisa menjadi SEO Specialist untuk mendapatkan penghasilan tambahan melalui internet. SEO merupakan optimasi website agar berada di peringkat teratas pada mesin pencarian.

Tujuan SEO sendiri adalah untuk meningkatkan trafik dan jumlah pengunjung website. Jasa SEO ini sangat dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan yang memiliki website untuk meningkatkan trafik dan penjualan produk.

Penghasilan yang bisa kamu dapatkan dari jasa SEO ini juga cukup menjanjikan. Untuk memulai pekerjaan ini, kamu harus memiliki website terlebih dahulu untuk meyakinkan calon pelanggan sekaligus membangun reputasi bisnis.

Developer Website

Rekomendasi pekerjaan sampingan lainnya yang bermodalkan internet yaitu menjadi developer website. Untuk menjadi seorang developer website, kamu harus paham coding. Kamu juga bisa membuat website terlebih dahulu, menentukan niche, dan menyertakan portofolio.

Misalnya, kamu ingin menawarkan jasa pembuatan website untuk biro perjalanan dan travel atau agen real estate, maka kamu bisa fokus mengembangkan situs web eCommerce menggunakan WordPress dan WooCommerce.

Desainer Grafis

Bagi kamu yang jago mendesain menggunakan software Illustrator atau Photoshop, kamu bisa memanfaatkan keahlianmu untuk mendapatkan uang tambahan dari internet yaitu dengan menjadi desainer grafis.

Kamu bisa membantu perusahaan-perusahaan atau klien yang membutuhkan desain logo, pamflet, spanduk, brosur, atau seragam perusahaan. Kalau klienmu menyukai hasil desain yang kamu buat, mereka pasti akan menggunakan jasamu lagi dengan bayaran yang memuaskan.

Narator Audiobook

Rekomendasi pekerjaan freelance selanjutnya yaitu narrator audiobook. Pekerjaan sampingan satu ini sangat cocok untuk kamu yang punya hobi membaca buku dan memiliki suara yang bagus.

Popularitas audiobook atau buku suara ini juga semakin meningkat, karena banyak orang yang tidak sempat membaca buku dan memilih mendengarkannya.

Bagi kamu yang tertarik untuk mendapatkan penghasilan tambahan sebagai narrator audiobook, kamu bisa mendaftarkan diri di platform ACX. Agar peluangmu untuk diterima bekerja sebagai narrator audiobook, kamu bisa mempersiapkan mikrofon dan software untuk merekam suara.

Beberapa rekomendasi pekerjaan di atas bisa kamu jadikan sebagai referensi dan cara mendapatkan uang dari internet yang menjanjikan. Karena hasilnya yang menggiurkan, tidak sedikit orang yang akhirnya memilih menjadikan pekerjaan tersebut sebagai pekerjaan utama.

Tinggalkan Balasan:

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *