Cara Meningkatkan Kinerja Windows 10

Windows 10 merupakan sistem operasi paling populer dari Microsoft, Windows 10 memiliki banyak sekali keunggulan jika dibandingkan dengan versi sebelumnya. Selain itu, Window 10 juga memiliki berbagai fitur-fitur yang akan memberikan dukungan lebih untuk aktivitas para penggunanya.

Sebagai pengguna Windows 10, tentu saja Anda pernah mengalami PC/Laptop tiba-tiba menjadi lambat saat dijalankan. Jika hal tersebut terjadi, tentu saja pastinya sangat menyebalkan. Lalu, apakah ada cara yang lebih efektif untuk meningkatkan kinerja Windows 10.

cara meningkatkan kinerja windows 10 Dengan Mudah

Pada artikel kali ini, kami akan berikan beberapa cara meningkatkan kinerja windows 10. Penasaran apa saja? Yuk simak pembahasan lengkap tentang cara meningkatkan kinerja windows 10 dibawah ini.

1. Mematikan efek transparan

Secara default, fitur transparency effects di Windows 10 akan otomatis aktif sehingga akan memunculkan efek transparan pada beberapa bagian seperti taskbar, settings, dan start menu. Hal ini merupakan salah satu bagian yang menjadikan tampilan Windows 10 lebih menarik.

Sayangnya, fitur transparency effects juga bisa menyebabkan kinerja Windows 10 semakin berat karena memakan resource yang tidak sedikit. Untuk itu, lebih baik Anda mematikan fitur efek transparan tersebut.

Berikut caranya:

  • Langkah pertama, buka menu Start kemudian pilih menu Settings.
  • Setelah itu, pilih menu Personalization.
  • Langkah selanjutnya, pilih Colors.
  • Langkah terakhir, pada bagian Transparency effects silahkan klik toggle menjadi Off.
  • Selesai.

Setelah Anda mematikan fitur transparency effects tersebut, Anda tidak akan melihat efek transparan lagi pada taskbar maupun pada start menu.

2. Mematikan Program Startup

Tanpa kalian sadari, ada beberapa aplikasi yang otomatis berjalan ketika PC/Laptop Anda dihidupkan. Tentu saja aplikasi tersebut akan memperlambat proses booting pada Windows 10 Anda. Meskipun Anda belum membukanya secara manual, namun program-program tersebut tetap berjalan di latar belakang.

Lalu, bagaimana caranya untuk menghentikan program-program tersebut agar tidak berjalan secara otomatis. Berikut langkah-langkahnya yang harus Anda lakukan.

  • Langkah pertama, buka Task Manager dengan cara klik kanan pada Taskbar. Selanjutnya pilih Task Manager.
  • Kemudian pilih menu Startup.
  • Lalu pilih aplikasi apa saja yang tidak perlu dijalankan agar kinerja sistem jauh lebih optimal. Dengan cara klik kanan pada Enable, kemudian rubah menjadi Disable.
  • Selesai.

3. Mematikan Fitur Tips

Microsoft selaku pengembang dari Windows 10 sudah menyertakan program yang akan memberikan Anda tips untuk mengenal Windows 10 lebih baik. Yang menjadi masalah, program tersebut akan melakukan scanning pada sistem dan akan memunculkan notifikasi berupa tips untuk Anda.

Yang menjadi masalah, hal ini tentu saja dapat menurunkan performa PC/Laptop Anda. Untuk meningkatkan kinerja Windows 10, lebih baik di nonaktifkan saja.

Berikut caranya:

  • Langkah pertama, buka menu Start kemudian pilih menu Settings.
  • Kemudian pilih System.
  • Langkah selanjutnya, pilih Notifications & Actions.
  • Langkah terakhir, klik toggle Off pada Get tips, tricks, and Suggestions as You Use Windows.
  • Selesai.

4. Update Sistem Operasi

Cara terakhir yang bias Anda lakukan untuk meningkatkan kinerja Window 10 adalah dengan melakukan update sistem operasi. Tidak jarang PC/Laptop mulai lemot karena versi Windows harus mengalami beberapa perbaikan. Dengan melakukan update, kondisi kinerja Windows 10 akan tetap terjaga.

Microsoft selaku pengembang Windows 10 secara berkala memberikan pembaharuan terhadap sistem operasi mereka. Pembaharuan ini digunakan untuk mengatasi bugs yang dapat menurunkan performa Windows 10, untuk itu penting untuk rutin melakukan update bagi sistem operasi.

Anda dapat melakukan pembaharuan dengan cara rutin melakukan pengecekan dengan cara mengetikan “Updates” pada search bar kemudian klik dua kali pada “Check for Updates” untuk mengakses halaman settings.

Pada laman tersebut, jika terdapat update oleh Microsoft maka tombol Update System akan aktif, dan Anda hanya perlu mengkliknya. Jika Anda bingung, Anda juga bisa membaca artikel tentang cara update Windows 10.

Nah, itulah 4 cara meningkatkan kinerja Windows 10 yang kami rekomendasikan untuk Anda. Dengan mengikuti langkah-langkah diatas, nantinya Windows 10 Anda akan lebih cepat dibandingkan dengan yang sebelumnya.

Tinggalkan Balasan:

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *