Cara Otentikasi Taspen Lewat Hp

Seiring berkembangnya zaman penggunaan teknologi semakin meluas terutama pada BUMN.

Hal ini dapat diketahui dengan adanya aplikasi milik PT. Taspen. Aplikasi ini sangat dibutuhkan karena menjadi cara otentikasi taspen lewat hp masing-masing.

Cara ini wajib diketahui oleh semua nasabah Taspen karena BUMN ini memberikan jasa melalui tabungan dan asuransi pegawai negeri.

Otentikasi harus dilakukan agar peserta Taspen dapat memperoleh uang pensiunannya.

Otentikasi tersebut diberlakukan agar peserta tidak perlu lagi datang mengunjungi ke bank ataupun kantor pos terdekat dari tempat tinggal masing-masing.

Jika otentikasi berhasil dilakukan dan di approve maka dana pensiunan akan masuk langsung ke rekening masing-masing dan Anda tinggal ke ATM untuk mengambil uang tersebut.

Cara Otentikasi Taspen Dari HP

Cara otentikasi Taspen lewat hp ini bisa dilakukan oleh siapa saja dengan mudah.

Namun, setiap peserta Taspen harus memiliki smartphone dengan OS Android 4 atau yang terbaru agar aplikasi ini dapat berjalan dengan lancar.

Adapun langkah melakukan otentikasi melalui aplikasi di hp yang kami kutip dari NetGeek antara lain :

  1. Download dan installah terlebih dahulu aplikasi Taspen dari Google Play Store. Aplikasi ini gratis dan bisa Anda gunakan secara bebas.
  2. Pastikan aplikasi yang dipakai telah diupdate. Karena aplikasi dari BUMN biasanya tidak bisa dipakai jika tidak diupdate terlebih dahulu.
  3. Kemudian, bukalah aplikasi tersebut di smartphone masing-masing
  4. Langkah selanjutnya adalah input NOTAS (nomor Taspen) atau yang biasa diketahui sebagai nomor pensiunan.
  5. Lalu, klik tombol otentikasi yang berada di bawahnya.
  6. Tunggulah beberapa saat sampai tampilan otentikasi ditunjukkan.
  7. Pada bagian ini dibutuhkan identifikasi wajah jadi pastikan kamera depan hp Anda aktif dan dalam kondisi yang baik.
  8. Lihat dan perhatian kotak merah di layar hp Anda. Posisikan wajah di dalam kotak tersebut lalu tunggu beberapa saat sampai sistem mengenali wajah Anda.
  9. Kemudian, Anda diminta untuk menggelengkan kepala secara perlahan-lahan.
  10. Lalu, tatap kembali layar tersebut dan selanjutnya anggukkan kepada dengan perlahan
  11. Jika semua proses tersebut selesai maka aplikasi akan menyelesaikan proses otentikasi tersebut.
  12. Setelah itu akan muncul berita akan berhasilnya otentikasi sekaligus akan ditampilkan data pribadi Anda yang terdaftar di Taspen.

Cara otentikasi Taspen lewat hp ini sangat mudah dan apabila berhasil dilakukan setiap bulannya, maka dana pensiunan akan cair tepat waktu dan tinggal di ambil di ATM terdekat.

Akan tetapi, banyak juga user yang gagal melakukan otentikasi tersebut.

Namun, ada pula yang belum memperoleh dana pensiunan walaupun otentikasi sudah berhasil. Masalah ini bisa disebabkan oleh beberapa hal di bawah ini, yaitu:

  1. Terjadi keterlambatan pembayaran dari Taspennya sendiri. Hal ini pernah terjadi pada bulan Februari 2020 dan mungkin saja terjadi lagi ke depannya.
  2. Otentikasi tidak berhasil karena tidak mengikuti panduan yang ada seperti menggelengkan kepala dan anggukan kepala terlalu cepat.
  3. Tidak melakukan otentikasi tepat waktu. Lainnya.

Oleh karena itu, pastikan Anda mengikuti panduan yang ada dengan baik agar proses otentikasinya berjalan dengan baik. Jika terjadi keterlambatan pembayaran dari pihak Taspen maka tunggulah 1-7 hari kerja.

Karena pada masa tersebut dana pensiun Anda seharusnya telah masuk ke rekening masing-masing. Jika hal ini masih terjadi, maka silahkan hubungi pihak Taspen dengan nomor telepon (021) 424 1808.

Nah, itulah cara otentikasi taspen lewat hp yang bisa Anda coba gunakan. Cara ini sangat baik, efektif dan efisien terutama bagi para pensiunan karena Anda tidak perlu lagi pergi mengantri di bank atau kantor pos untuk mencairkan dana pensiun tersebut.

Tinggalkan Balasan:

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *