Ada banyak sekali fitur canggih yang diberikan oleh Windows untuk para penggunanya supaya mau terus menggunakan Windows. Salah satu fitur yang ada dalam windows adalah fitur update yang bisa meningkatkan performa, fitur dan kinerja windows itu sendiri.

Untuk menjalankan fitur update ini kalian diharuskan terhubung ke internet terlebih dahulu, dan pastikan juga internet yang kalian gunakan itu stabil supaya bisa melakukan update dengan lancar. Karena tidak jarang terjadi kendala saat melakukan update ini.

Dampak yang diakibatkan akibat update yang terkendala dan bahkan gagal ini bisa menyebabkan kerusakan komputer. Oleh karena itu kalian harus benar-benar memerhatikan dan mengikuti langkah yang benar pada saat update windows yang kalian gunakan.

 

Cara Repair Windows 10

Pernahkah kalian mengalami masalah pada windows 10 yang kalian gunakan? Masalah yang ada bisa bermacam-macam, mulai dari gagal pada saat booting, pc laptop tiba-tiba restart sendiri, lag dan masih banyak masalah dan error yang lain.

Pada saat hal ini terjadi, apakah yang kalian lakukan? Sebenarnya kalian tidak perlu khawatir karena kalian bisa mengatasinya. Kalian tidak perlu khawatir data pada pc laptop akan hilang, jika kalian bisa mengatasinya dengan baik maka data akan tetap aman.

Bagi kalian yang malas untuk memperbaikinya sendiri sebenarnya bisa membawanya ke tempat servis untuk dilakukan install ulang. Namun perlu kalian ketahui bahwa memperbaiki atau mengatasi sendiri masalah ini tidaklah sulit, kalian bisa mengembalikan windows seperti semula.

Nah, kalian bisa menggunakan fungsi dari fitur repair yang ada pada windows untuk mengatasi masalah yaang ada. Berikut ini akan mastekno jelaskan 3 cara yang bisa kalian gunakan untuk repair windows bermasalah beserta penjelasannya. Langsung saja silahkan simak tutorialnya berikut ini dari admin madhang.id.

 

 

Cara Repair Windows dengan CMD

Cara pertama yang bisa coba kalian gunakan untuk repair windows adalah dengan menggunakan command promt atau CMD. Yaitu dengan menggunakan tools SCF (System File Chcker). Tools ini berguna untuk memeriksa semua file sistem dan mengembalikan file yang rusak atau corrupt.

Bukan cuma itu saja, tools ini juga berguna pada saat komputer kalian memunculkan pesan error dan tidak berjalan sesuai harapan.  Nah berikut ini adalah cara repair windows 10 dengan menggunakan command pormt atau cmd.

1. Silahkan buka CMD atau Command Promt dengan menggunakan hak akses amin (run as administrator).

2. Kemudian setelah itu ketikan perintah scf /scannow dan tekan Enter.

3. Silahkan tunggu sampai proses scanning selesai dilakukan. Biasanya memerlukan waktu untuk melakukan proses ini tergantung dari banyaknya program dan aplikasi yang ada pada komputer kalian.

4. Setelah proses scanning selesai, selanjutnya akan muncul pesan hasil dari proses tersebut. Berikut ini adalah hasil yang muncul setelah proses scanning tersebut dilakukan, apabila muncul pesan seperti berikut:

“Windows Resource Protection found corrupt files but was unable to fix some of them. Details are included in the CBS.Log %WinDir%\Logs\CBS\CBS.log”

Artinya windows mendetesi bahwa ada terdapat file yang bermasalah namun tidak bisa diperbaiki, atau proses reparasi gagal dilakukan. Untuk mengatasi hal ini kalian bisa melakukan pergantian file sistem yang dilakukan secara manual berdasarkan log tersebut untuk melihat file yang bermasalah.

 

Note: Ada beberapa report yang muncul selain gambar di atas, beriut adalah daftar report dan artinya:

  • Windows Resource Protection found corrupt files and successfully repaired them. Details are included in the CBS.Log %WinDir%\Logs\CBS\CBS.log, artinya windows berhasil memperbaiki file sistem yang rusak atau corrupt. Kalian bisa mengecek log files dia tas untuk melihat hasil scanning.
  • Windows Resource Protection could not perform the requested operation, artinya windows tidak bisa melakukan reparasi atau reparasi gagal. Untuk mengatasinya kalian harus menjalankan scanning system file checker scan dengan menggunakan safe mode.
  • Windows Resource Protection did not find any integrity violations, artinya windows tidak menemukan file sistem yang corrupt atau hilang.

 

Nah itulah tutorial singkat yang bisa mastekno sampaikan kepada kalian tentang cara repair windows 10 yang bermasalah dengan mudah. Ada beberapa cara di atas, silahkan kalian coba mulai dari cara yang pertama dan dilanjutkan cara berikutnya jika tidak berhasil.

Demikian apa yang bisa kami sampaikan, semoga tutorial di atas bisa menyelesaikan permasalahan yang ada pada komputer kalian. Jika kalian masih bingung dan ada yang ingin ditanyakan, silahkan komen di bawah, terima kasih.

Tinggalkan Balasan:

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *