Contoh Proposal Kegiatan Desa

Contoh Proposal Kegiatan Desa dan Juga Strukturnya

Kegiatan di pedesaan sangat beragam dan masyarakatnya saling bersosialisasi satu sama lain. Contoh proposal kegiatan desa bisa menjadi acuan untuk menyokong segala macam kegiatan di pedesaan agar bisa meningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan ekonomi masyarakat di daerah pedesaan.

Masyarakat pedesaan seringkali terisolasi. Adanya kegiatan desa secara tradisional bisa meningkatkan kerukunan antar warga dan bisa membantu pembinaan desa, baik itu menggali sumber daya alam padat lahan seperti pertanian dan kehutanan atau kegiatan lainnya.

Contoh Proposal Kegiatan Desa Kerja Bakti

Berikut contoh dari referensi contohproposal.id:

  • Pendahuluan 

Perkembangan ekonomi pedesaan di Indonesia adalah salah satu faktor terpenting bagi pertumbuhan ekonomi negara ini. Perekonomian Indonesia sebagian besar didasarkan pada pertanian. Dusun Ngabei, Desa Kulut, kecamatan Ngablak, Jepara didominasi dengan pertanian.

Di Indonesia, pertanian menyumbang hampir seperlima dari produk domestik bruto. Sejumlah program yang berkaitan dengan pembangunan pedesaan di Indonesia telah direncanakan oleh Pemerintah untuk merangsang pertumbuhan pertanian. 

Untuk pengembangan sektor pedesaan di Indonesia, Kementerian Desa PDDT adalah lembaga pemerintah yang merumuskan kebijakan, peraturan, dan tindakan untuk setiap desa tertinggal di Indonesia.

Sayangnya, dusun Ngabei belum dijangkau oleh Kemendes. Bisnis dan ekonomi pedesaan dusun ini didominasi oleh pertanian, kerajinan tangan, perikanan, unggas, dan produk susu, namun belum dimaksimalkan dengan baik.

Kami mengadakan kerja bakti desa untuk membersihkan desa dan memberdayakannya sebagai ruang tumbuh bersama dalam membangun ekonomi kreatif di desa. Banyak rumah-rumah kosong yang ingin kami desain ulang untuk dijadikan tempat bisnis bersama para warga dusun.

Kerja bakti yang ingin kami lakukan membutuhkan renovasi besar-besaran karena harus membongkar lumbung padi dan beberapa bangunan kosong untuk kemudian kami berdayakan.

  • Maksud dan Tujuan

Demi mencapai kegiatan dusun yang lebih produktif, kami membutuhkan bantuan dana untuk menyokong kerja bakti massal dusun Ngabei.

  • Struktur Kepengurusan

Kami adalah Taruna Dusun Ngabei yang terbentuk sejak 12 Juli 2010 dengan nama “Kokoh”. Anggota kami adalah para pemuda di dusun Ngabei.

  • Anggaran Kebutuhan

Nama Kebutuhan  Biaya
Alat kebersihan Rp 5.000.000
Semen  Rp 2.000.000
Pasir  Rp 3.000.000
Bata  Rp 5.000.0000
Konsumsi kerja bakti Rp 5.000.000
Konsumsi renovasi gudang terbengkalai untuk diberdayakan Rp 5.000.000
Total Rp 25.000.000

 

  • Penutup

Kami mengharapkan donasi Bapak/Ibu sekalian agar proses kegiatan kerja bakti dalam rangka pemberdayaan dusun Ngabei ini bisa terpenuhi. 

Contoh proposal kegiatan desa bertema kerja bakti banyak ditemui di manapun. Kerja bakti menjadi bentuk kegiatan desa yang sangat lazim ditemukan di manapun. Warga akan saling membantu untuk membuat lingkungan desa menjadi lebih asri.

Selain itu, kerja bakti juga turut merawat keasrian desa dan meningkatkan ikatan di antara warga desa. Bagi yang ingin mengajukan penggalangan dana untuk kegiatan kerja bakti yang diselenggarakan dengan besar dan butuh sokongan biaya, contoh proposal kegiatan desa di atas sangat membantu.

Tinggalkan Balasan:

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.