Hal yang Harus Dihindari dalam Mengelola Keuangan

Semua orang bisa berpenghasilan banyak, namun tidak semuanya mampu mengelola keuangan dengan bijak.

Sebanyak apapun penghasilan yang kamu dapatkan setiap bulan, rasanya percuma kalau kamu masih mempunyai kebiasaan buruk dalam mengelola keuangan.

Gaya hidup terkait keuangan yang masih buruk, menyebabkan gajimu numpang lewat saja. Bahkan akhir-akhir ini banyak orang yang mengeluh karena hutang online yang menumpuk.

Jangan sampai kamu terjebak dalam jeratan hutang, gali lubang tutup lubang, bahkan tak punya tabungan.

Tapi tenang aja, kamu masih bisa mengubah kebiasaan buruk menjadi lebih baik. Yuk simak cara mengelola yang diambil dari website vinansio dibawah ini.

1. Belanja Berlebihan Padahal Tidak Diperlukan

Belanja barang yang tidak diperlukan, tanpa disadari sering kita lakukan. Padahal dorongan berbelanja banyak dipengaruhi oleh emosi sesaat. Iming-iming diskon dan harga yang lebih murah menjadikan kamiu sayang untuk tidak membelinya.

Pahami bahwa berbelanja karena terdorong hal yang tidak rasional, tanpa mempertimbangkan kebutuhan, akan membuat kondisi keuanganmu makin berantakan. Bahkan, barang yang memang dibutuhkan bisa jadi lupa tidak terbeli.

2. Tidak Membuat Rencana Keuangan

Kamu tak akan pernah bisa menciptakan keuangan yang sehat apabila tidak mempunyai rencana keuangan. Rencana keuangan dibuat untuk mempermudah kita  dalam melihat arus pengeluaran terhadap pemasukan dalam kehidupan sehari-hari.

Artinya, dengan membuat rencana keuangan, kamu juga akan mudah mengatur pos-pos pengeluaran serta mengetahui kemana saja uangmu dibelanjakan selama ini. Dari sini, kamu bisa mengurangi beberapa pengeluaran untuk pos-pos tertentu untuk  alokasi hal penting lain seperti tabungan, dana darurat dan investasi.

3. Bergantung dengan Kartu Kredit atau PayLater

Kartu kredit dan paylater hadir untuk mempermudah transaksi keuangan. Apabila kamu bisa menggunakan dengan bijak, banyak manfaat baik yang bisa kamu dapatkan.

Hal penting yang harus kamu pahami bahwa kartu kredit dan payleter itu sama dengan ‘utang’, yang wajib kamu bayar pada waktu tertentu. Oleh sebab itu,kamu jangan bergantung dengan kartu kredit dan paylater untuk memenuhi keinginan kamu. Dampaknya, kamu akan terlilit hutang bila tidak bisa membayarnya.

4. Gaya Hidup Tinggi yang Tidak Sesuai Pendapatan

Gaya hidup zaman sekarang yang serba mewah bisa menghabiskan banyak sekali pengeluaran. Sekedar untuk makan atau nongkrong di kafe kekinian pasti tidak menghabiskan biaya yang sedikit.  Belum lagi trend barang-barang yang dipakai harus branded agar tidak kalah saing dengan temanmu.

Memenuhi gaya hidup yang mewah, namun dengan gaji yang masih pas-pasan akan membuat kamu pusing sendiri. Sebaiknya kamu mulai ubah kebiasaan tersebut secara perlahan. Bersyukurlah dengan hidupmu dan bergaya sesuai budget akan menjadikan hidupmu lebih tenang. Selanjutnya, mulai rencanakan masa depanmu dengan baik, misalnya, mulai menabung untuk dana darurat, investasi bahkan memulai bisnis kecil-kecilan.

5. Mengutamakan ‘Kegemaran’ Pribadi yang Tidak Penting

‘Kegemaran’ pribadi yang menjadi kebiasaan buruk seperti mabuk, merokok bahkan berjudi. Kegemaran tersebut akan menghabiskan banyak uang dan tidak memperoleh manfaat apapun. Cobalah pelan-pelan untuk berhenti dari kebiasaan buruk tersebut karna bisa mempengaruhi kesehatanmu juga. Cobalah untuk sayangi dirimu dan uangmu.

Oke itulah beberapa informasi menarik yang bisa kami sampaikan terkait kebiasaan yang bisa kamu lakukan agar kondisi keuanganmu sehat. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan:

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *