harga-desain-interior

Harga Desain Interior Berapa Sih ?

Membuat desain interior merupakan hal yang sangat sulit jika tidak dikerjakan oleh yang professional. Biasanya, untuk perusahaan sekelas Google atau Facebook mereka sampai membuat tempat kerjaannya untuk seorang desainer interior seperti tempat rekreasi, supaya mereka bisa menyalurkan kreatifitas dalam pembuatan desainnya dan sangat erat kaintannya dengan cara kerja yang produktifitas.

Kalau kamu ingin membuat desain interior untuk hunian rumah kamu atau untuk kantor tempat kamu kerja yang kamu perlu hitung adalah harga desain interior yang harus kamu keluarkan.

Ada beberapa jenis harga desain interior berdasarkan tipe ruangannya, jadi kamu harus memahami pembahasan berikut ini ya !

Tipe desain interior rumah, kantor, dan apartement

Ada beberapa referensi tipe desain interior yang sering digunakan di negara Indonesia ini, yaitu :

  1. Tipe desain interior basic

Interior basic merupakan jenis desain yang tampilannya tidak mempunyai ciri khas tertentu. Biasanya dengan menggunakan tipe desain interior basic ini yang ditonjolkan hanya desain pada umumnya yang memiliki fungsionalitas dari sebuah ruangan dan perabotan rumah tangga bagi owner yang ingin menempatinya.

  • Tipe desain interior minimalis

Memaksimalkan estetika dan kesederhanaan, membuat tipe desain ini menjadi pilihan yang cocok bagi kamu. Pada awalnya, desain minimalis ini untuk menghitung efisiensi dari bahan baku karena biaya pembangunan rumah atau kantor yang memang sudah tidak murah. Tetapi, saat ini desain minimalis ini menjadi sebuah tren di kalangan desainer interior. Apa lagi, dengan gaya skandinavian dan kontemporer yang warnanya lebih dominan seperti putih, hitam, coklat mudah, dan masih banyak lainnya.

  • Tipe desain interior industrial

Jenis desain ini memiliki sebuah ciri khas yang masih mentah atau setengah jadi. Maksudnya, hanya tampilan dari bahan bakunya saja yang akan digunakan. Misalkan dengan membuat sebuah dinding yang berserta kayu, dimana desain tersebut seperti aslinya karena memiliki detailing garis yang lurus yang sempurna.

  • Tipe desain interior klasik

Ciri khas dari desain klasik ini yaitu bangunannya yang mempunyai banyak ornament-ornamen, pilar lampu, atau beberapa aksesoris yang ada pada jaman dahulu. Jika kamu menggunakan desain interior ini, kamu akan mendapatkan kesan yang megah dan mewah untuk rumah kamu.

Setelah mengetahui tipe-tipe desain interior diatas, selanjutnya kamu akan diberikan tips untuk memilih desain interior professional yang baik.

Tips memilih jasa desain interior yang professional

Jika kamu memiliki budget yang banyak untuk sebuah desain interior, kamu dapat mendapatkan hasil desain yang cukup bagus dibandingkan jika kamu mempunyai budget yang pas-pasan. Oleh karena itu, kamu harus tahu bagaiaman caranya mencari sebuah jasa desain interior yang baik dan hasilnya memuaskan. Berikut tips singkat untuk memilih jasa desain interior professional , yaitu :

  1. Mintalah portofolio hasil desain interiornya yang sudah pernah dikerjakan oleh penyedia jasa tersebut
  2. Melihat langsung beberapa proyek yang pernah mereka buat sebelumnya

Dua poin penting dalam mencari jasa desain interior professional dan tips yang bisa kamu pakai nanti. Jika kamu bingung jasa mana yang hasil desainnya paling bagus dan murah, kamu bisa langsung cek di website Mirach Interior.

Harga desain interior yang sering digunakan oleh para desainer

Setiap desainer pastinya sudah menetapakan harga yang pasti dalam pembuatan desainnya. Ada 4 harga desain interior yang harus kamu ketahui dan kamu pahami, berikut pembahasannya :

  1. Harga jasa desain interior per meter persegi

Pada umumnya untuk tarif desain interior per meter persegi ini berkisaran sekitar kurang lebih Rp. 200.000 ( Dua ratus ribu rupiah ) sampai Rp. 1.200.000 ( Satu juta dua ratus ribu rupiah ) per meter perseginya. Harga tersebut sudah dipatok dan disesuaikan dengan kredibiltas desainernya. Desainer yang memiliki jam terbang tinggi dan mempunyai hasil yang berkualitas, mereka mematok harga yang lebih mahal.

Contoh perhitungannya yaitu :

  • Jika kamu ingin dekorasi ruang kamar dengan ukuran 5 x 4 meter. Dan desainer kamu meminta harga Rp. 600.000 ( Enam ratus ribu rupiah ) per meter persegi.
  • Maka cara menghitungnya adalah Rp. 600.000 x ( 5 m x 4 m ) = Rp. 12.000.000 ( Dua belas juta rupiah )

Jadi harga yang dapat kamu bayar ke desainernya yaitu Rp. 12.000.000

  • Harga jasa desain interior berdasarkan persentase

Berikutnya berdasarkan persentase yaitu dari hasil biaya produksi penjualan interiornya yang telah disepakati. Biasanya para desainer meminta persentase sekitar 2% hingga 5%, namun ada juga yang meminta persentase sekitar 10% karena sudah berpengalaman dan hasil desainnya yang berkualitas.

Contoh perhitungannya yaitu :

  • Seorang desainer mempunyai proyek untuk renovasi rumah dan sudah termasuk barang furniturenya, sekitar Rp. 500.000.000 ( Lima ratus juta rupiah )
  • Desainernya meminta desain dengan persentase 2% dari total produksi. Jadi untuk membayar desainernya yaitu 2% x 500.000.000 = Rp. 10.000.000 ( Sepuluh juta rupiah )
  • Harga jasa desain interior berdasarkan gambar desain

Untuk harga desain ini, biasanya desainer memasang tariff seberapa sulit desain interior itu dibuat. Semakin sulit desainnya, maka harganya juga semakin mahal.

  • Harga jasa desain interior berdasarkan “design and build”

Biasanya untuk tipe harga ini yang menggunakan “design and build” adalah salah satu cara desainer dalam mengelola harganya dari pemesanan barang furniture. Misal, kamu memesan barang furniture kitchen set yang sudah termasuk desain 3Dnya. Nah dari situ sang desainer mendapatkan cuannya.

Selesai sudah pembahasan kita kali ini mengenai harga desain interior berdasarkan tipe ruangan dan tips memilih desain interior yang baik. Semoga bisa menjadi referensi untuk kamu yang ingin mencari jasa desain interior nantinya. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan:

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *