Jenis Tanaman Hias Indoor

Era kini taman tidak hanya berada di luar rumah, namun taman dalam ruangan kian menjadi sangat populer. Menciptakan dekorasi yang segar, asri dan sejuk memang jawaban dari pilihan tanaman hias indoor. Tidak perlu khawatir, Anda tetap bisa menyesuaikan area taman meskipun dengan lahan yang terbatas. Mengapa? Karena tidak semua tanaman hias indoor berukuran besar dan menyita ruang. Justru banyak jenis tanaman hias indoor yang berukuran mini dan menggemaskan.

Yuk intip artikel kali ini akan membahas

10 tanaman hias untuk area indoor rumah Anda

1. Tanaman Besi Cor (Cast-Iron Plant)

Tanaman besi cor yang memiliki nama lain aspidistra adalah salah satu tanaman dalam ruangan karena kemampuannya hidup di ruangan yang minim cahaya bahkan gelap. Selain itu, tanaman besi cor ini juga tahan debu dan kelembapan. Perawatan tanaman besi cor juga tidak sulit karena sifatnya yang tahap terhadap berbagai kondisi cahaya dan tanah.

2. Jade Plant (Crassula Ovata)

Jade plant adalah tanaman hias yang cukup populer karena dianggap sebagai simbol tanaman utama untuk kemakmuran di banyak kebudayaan Asia. Daunnya tebal berbentuk oval dan berkilau sehingga membawa kesan asri di dalam rumah. Sesekali Anda perlu lap daunnya dengan lembut untuk menghilangkan debu dan menjaga tanaman agar tetap berkilau. Selain agar mengkilap, membersihkan daun Jade Plant ini akan meningkatkan kemampuan menyerap sinar matahari.

3. Lucky Bamboo

Tanaman yang katanya dapat membawa keberuntungan ini dapat tumbuh di media tanah maupun air. Meskipun dapat ditanam di media air, Bambu Keberuntungan ini tidak membutuhkan banyak air karena jika berlebihan justru akan merusak tanaman. Jika Anda memilih untuk menumbuhkan lucky bamboo di air, Anda harus mengganti air setiap 7 hingga 10 hari. Sedangkan jika Anda menanamnya di tanah, Anda perlu memastikan untuk menyirami tanaman beberapa hari sekali saja agar tanah tetap tetap lembab namun tidak terlalu basah.

4. Bunga Anthurium

Jenis tanaman hias indoor satu ini layak dipilih menjadi dekorasi taman dalam rumah Anda. Bentuk daunnya yang unik dan bervariasi lengkap dengan bunganya yang indah. Pilihan bibit bunga anthurium memiliki variasi, bergantung dengan bentuk daun yang Anda inginkan. Ada daun yang seukuran koin hingga ukuran daun dewasa yang selebar piring. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir untuk mencari solusi mengisi taman mungil indoor di rumah. Bagi Anda sedang mencari ide desain taman dala rumah Anda bisa mengunjungi website dijabodetabek.id

5. Lavender

Tanaman hias selanjutnya adalah lavender yang memberikan efek relaksasi baik dari aroma wanginya maupun penampilannya yang menyejukkan. Bisa dibilang bahwa lavender lebih ideal sebagai tanaman hias indoor dalam bentuk kecil karena efeknya yang sudah maksimal. Tidak hanya berwarna ungu, bunga lavender memiliki variasi warna lain seperti biru, putih, dan kuningSelain sebagai tanaman hias, lavender juga memiliki beberapa manfaat yaitu pengusir nyamuk, merawat tubuh bahkan dikonsumsi sebagai teh.

6. Rosemary

Tanaman herbal rosemary disebut juga tanaman hias daun karena memiliki daun lebar berbentuk duri kecil yang cocok untuk mengisi taman di dalam rumah Anda. Rosemary memiliki bunga warna ungu kebiruan yang menawan lengkap dengan aromanya yang wangi. Sama seperti lavender, Rosemary ini juga dapat menangkal nyamuk. Bahkan, untuk tanaman hias satu ini bisa menjadi bumbu masak di dapur dan bermanfaat untuk kesehatan seperti mengobati masalah lambung atau usus.

7. Lidah Mertua

Sansevieria trifasciata atau yang lebih dikenal di Indonesia dengan istilah tanaman lidah mertua, adalah salah satu jenis tanaman hias yang relatif mudah perawatannya dan memiliki beragam manfaat. Tanaman ini dapat menyerap polusi udara dan mengurangi radiasi dari barang elektronik.  Lidah mertua tumbuh secara vertikal sehingga idealnya untuk memberi warna pada sudut yang sempit. Meskipun sebenarnya lidah mertua ini dapat tumbuh dalam berbagai kondisi cahaya, namun tumbuh paling optimal jika diletakkan di tempat yang teduh dan tidak terkena sinar matahari secara langsung.

8. Tanaman Karet

Tanaman karet memiliki daya tarik tersendiri sebagai tanaman hias indoor karena daunnya yang besar dan berwarna cerah. Di sisi lain, tanaman ini memiliki potensi untuk bertumbuh besar. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada triknya sendiri agar menjaga ukurannya tetap kecil. Anda bisa pangkas cabang dan daunnya secara teratur. Kemudian, cabang-cabang baru akan tumbuh dari pemangkasan ini.

9. Peace Lily

Bunga peace lily adalah salah satu pilihan terbaik sebagai tanaman hias indoor karena penampilannya yang cantik dengan warna putih menawan. Selain warnanya yang indah, manfaat lain menjadikan peace lily patut ditanam di area taman indoor rumah Anda. Manfaat-manfaat tersebut seperti mengurangi spora jamur di udara atau area kamar mandi, membersihkan udara, dan meningkatkan kualitas tidur Anda.

10. Tanaman Kupu-Kupu

Tanaman kupu-kupu termasuk ke dalam varietas oxalis, merupakan tanaman hias yang memiliki keunikan pada daunnya yang berwarna ungu. Bentuknya yang manis menyerupai kupu-kupu seperti namanya. Keunikan lainnya pada tanaman ini adalah sifat fotofiliknya yaitu bunga dan daunnya terbuka dan tertutup sebagai respons terhadap cahaya.

Jadi, itulah 10 ide jenis tanaman hias untuk Anda mempercantik suasana di rumah. Semoga bermanfaat ya.

Tinggalkan Balasan:

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *