Atap Baja Ringan

Kelebihan Atap Baja Ringan

Atap baja ringan selama beberapa waktu ini masih menjadi tren untuk atap sebuah bangunan, properti dan dasar konstruksi lainnya. Sifatnya yang ringan dan tentunya dapat menghemat budget.

Baja ringan dirasa mampu menjadi alternatif dari penggunaan kayu. Sementara bahan baku kayu kian hari semakin langka dan harganya melambung tinggi.

Jadi, tertarik untuk menggunakan rangka atap baja ringan?

Sebaiknya Anda ketahui lebih dulu apa saja kelebihan konstruksi material yang satu ini.

11 Kelebihan Atap Baja Ringan

Atap Baja Ringan
Illustrasi Atap Baja Ringan

#1 Pemasangan Mudah dan Efisien

Pemasangan atap baja ringan mudah, karena sifatnya yang material lightweight (ringan) tentunya dapat menghemat waktu dan biaya pengerjaan yang dikeluarkan.

Hal ini mempermudah proses konstruksi dan rangkanya ternyata memiliki sistem sambungan yang tak terlalu rumit. Cepat dalam pengerjaan sehingga baja ringan sangat ekonomis dilihat dari faktor biaya, pernyataan ini senada dengan yang tertulis di dekadeko.com.

#2 Tahan Rayap

Dibandingkan dengan kayu, atap baja ringan tidak terpengaruh oleh serangan rayap.

Tentunya, atap baja ringan awet dan tahan lama, sehingga umur atap akan bertahan lebih lama dibandingkan penggunaan rangka kayu.

Tak perlu merogoh kocek terlalu dalam, karena atap baja ringan tak memerlukan perawatan khusus.

#3 Anti Karat

Selain anti rayap, baja ringan yang terbuat dari material logam yang ternyata anti karat juga loh. Double keuntungan ya, tidak perlu sebenarnya melakukan finishing cat lagi secara berkala. Hal ini tentu dapat menghemat biaya.

#4 Tahan Suhu Tinggi

Muat susut rendah yang membuat penggunaan baja ringan sangat baik di suhu ekstrem seperti panas dan dingin. Memiliki hasil proses pada suhu permukaan yang dapat mencapai 600F, membuat atap zincalume mampu bertahan terhadap suhu yang cukup tinggi. Anda tidak perlu takut dan khawatir akan terjadinya pemudaran warna pada atap anda, meskipun untuk durasi penggunaan yang cukup lama.

Atap zincalume juga memiliki kemampuan tinggi untuk memantulkan panas dan cahaya yang berasal dari matahari.

#5 Punya Daktilitas yang Baik

Baja ringan memiliki kemampuan untuk menahan deformasi dengan kapasitas yang wajar tanpa harus mengakibatkan beban tarik mengalami keruntuhan. Baja ringan disusun dengan struktur yang fleksibel dan lentur.

#6 Harga Terjangkau

Harga  baja ringan cukup terjangkau. Mengingat bahannya yang kuat dan tahan lama, tentunya Anda bisa semakin menghemat biaya konstruksi bangunan. Bagi Anda yang ingin menghemat, bisa membeli rangka baja dalam kuantitas yang banyak.

#7 Hemat Biaya

Jika menggunakan kayu harus dicat lagi menggunakan cat antirayap dan agar warnanya lebih mengkilap, begitu juga dengan material besi yang harus dicat dengan cat anti karat agar tidak mudah terjadi korosi bila bersentuhan dengan oksigen diudara bebas. Bahan material baja ringan tidak memerlukan semua itu karena ia sudah memiliki sifat unggul tanpa harus dilapisi dengan berbagai macam cat. Ia juga tidak mudah lapuk dan tahan lama sehingga tidak harus diganti setiap jangka waktu pendek. Dengan demikian biaya pengerjaan bisa lebih efisien dan menghemat banyak biaya tambahan lainnya.

#8 Lebih Aman

Bahan material baja ringan merupakan bahan material yang tahan terhadap api sehingga tidak mudah terbakar.

Jika dibandingkan dengan material kayu yang sangat mudah terbakar dan menimbulkan asap, baja lebih aman digunakan sebagai bahan bangunan seperti misalnya kerangka atap agar ketika terjadi kecelakaan resiko bahayanya bisa diminimalkan.

Ia juga memiliki sifat non-combustible atau tidak membesarkan api sehingga api bisa segera dipadamkan dan dilakukan evakuasi dengan lebih aman.

#9 Dapat Digunakan Kembali

Apabila rangka atap baja ringan dibongkar, material bajanya masih bisa Anda manfaatkan untuk membuat konstruksi bangunan lagi.

Sifat daur ulang ini membuat penggunaan rangka atap baja ringan turut mendukung program pemerintah dalam perawatan lingkungan sekaligus menjaga kelestarian hutan dan jenis kayunya (misalnya seperti kayu ulin) karena mengganti material kayu dengan baja ringan

#10 Cocok untuk Berbagai Jenis Penutup Atap

Menggunakan rangka atap baja ringan bukan berarti Anda hanya bisa menggunakan penutup atap atau genteng yang terbuat dari bahan logam saja, seperti genteng metal.

Anda tetap bisa menggunakan berbagai jenis genteng lainnya seperti keramik, asbes, kaca, dan jenis genteng beton. Hanya saja semakin berat bobot gentengnya semakin banyak baja ringan yang digunakan tentunya.

#11 Tahan Lama

Bahan baku konstruksi atap baja adalah galvalume atau zincalume sehingga baja memiliki daya tahan lebih tinggi ketimbang kayu.

Rangka atap baja ringan berkualitas baik dengan tak mudah lapuk dan menyusut karena perubahan berbagai cuaca. Wajar, karena memiliki daya tahan yang tinggi, anti korosi (karat), dan anti rayap.

Nggak heran atap baja ringan dipilih sebagai konstruksi bangunan dengan berbagai kelebihan yang ada.

Setelah mengetahui kelebihan yang dimiliki oleh rangka atap baja ringan tidak heran, ya banyak orang yang beralih menggunakan konstruksi ini untuk membangun rumah mereka.

Apa Anda tertarik untuk menggunakan rangka atap baja ringan?

Tinggalkan Balasan:

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *