Kelebihan dan Kekurangan Deposito

Deposito adalah salah satu produk simpanan yang ditawarkan oleh perbankan untuk nasabahnya selain tabungan biasa dan tabungan berjangka. Deposito merupakan bentuk investasi yang ditawarkan bank. Meksipun sama-sama simpanan seperti tabungan, keuntungan deposito lebih besar.

Bila kita menabung, uang tabungan dapat kita ambil kapanpun. Perbedaannya dengan deposito adalah nasabah tidak bisa mengambil dana secara langsung, melainkan dalam jangka waktu tertentu yang sduah ditentukan.

Keuntungan lebih besar daripada menabung, masuk dalam jaminan LPS dan investiasi risiko rendah menjadi alasan banyak nasabah tertarik dan memutuskan untuk deposit uangnya.

Kelebihan Deposito

Nasabah dapat memilih untuk meletakkan deposito dalam bentuk rupiah atau valuta asing. Bahkan saat ini, beberapa bank sudah menyediakan deposito syariah untuk nasabahnya.

Kamu perlu mempertimbangkan matang-matang dimana kamu akan menempatkan deposito. Misalnya kamu memilih valuta asing, maka akan ada pengaruh nilai tukar rupiah terhadap mata uang.

Deposito memiliki banyak keuntungan, salah satunya relatif aman karena modal terproteksi.  Lalu apa saja keuntungan lain deposito selain aman? Mari simak penjelasannya dibawah ini.

1. Risiko Rendah

Risiko yang tinggi terkadang menimbulkan kekhawatiran tersendiri bagi investor. Bagi kamu yang tidak ingin investasi dengan resiko besar, deposito menjadi pilihan yang tepat kamu pilih.

Dibandingkan menaruh uang di pasar saham dengan risiko yang tinggi karena terpengaruh naik turunnya pasar, deposito memiliki risiko yang rendah.

Selama jangka waktu tertentu sampai uang kamu boleh diambil, tidak perlu khawatir untuk menyimpan uang tersebut karena tidak akan terpengaruh apapun termasuk pergerakan pasar.

2. Penghasilan Pendapatan per Tenor

Keuntungan deposito selanjutnya adalah pendapatan yang dihasilkan dari tiap tenor. Tenor adalah waktu jatuh tempo yang sudah disepakati antara nasabah dengan bank saat pembuatan deposito.

Kamu memang cukup kesulitan mengambil uang sesuka hati. Namun, keuntungan bunga deposito  bisa kambu ambil dengan mentransfer ke rekening kamu.

Contoh sederhananya, kamu deposito sebesar 20 juta dengan tenor 1 bulan. Misalkan keuntungan deposito selama 1 bulan 200 ribu. Maka, uang 200 ribu ini akan secara langsung ditransfer ke rekening kamu tanpa mengurangi deposito kamu.

3. Layanan Keamanan yang Terjamin

Membuka rekening deposito salah satu cara menyimpan uang yang aman dibandingkan menyimpan uang dirumah. Bank pasti sudah mempunyai cara untuk mengamankan uang kamu. Selain itu deposito juga dijamin oleh Lembaga Penjaminan Simpanan (LPS).

4. Mengatur Keuangan Lebih Terencana

Karena sifat deposito yang berjangka dan tidak bisa diambil sewaktu-waktu menjadikan kamu memiliki rencana keuangan jangka panjang yang lebih matang.

Kekurangan Deposito

1. Inflasi dan Keuntungan Sedikit

Harga barang yang makin naik, menyebabkan nilai uang terus menurun. Hal inilah yang disebut inflasi, dimana nilai uang semakin menurun.

Maka, bunga deposito sebenarnya sedikit banyak untuk menutup nilai kekurangan. Sehingga keuntungan yang kamu dapatkan tidak begitu banyak.

2. Investor Tidak Terlibat

Kamu sebagai investor tidak terlibat dalam alokasi dana dan pengelolaan. Bisa jadi keuntungan yang didapat besar.Karena semuanya dikelola oleh bank.

Keuntungan tidak kamu dapat secara keseuluruhan karena kamu mebayar pajak dan biaya pengelolaan yang dilakukan oleh bank.

Baca juga: apa saja yang harus dihindari ketika mengelola keuangan.

Oke itulah beberapa informasi menarik yang bisa kami sampaikan kepada kamu terkait pengertian dan kuntungan deposito. Jangan lupa pertimbangkan jumlah dana dan tenor deposito. Semoga artikel ini bisa bermanfaat.

Tinggalkan Balasan:

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *