Manfaat Minyak Ikan untuk Kucing

Manfaat Minyak Ikan untuk Kucing

Para pemilik kucing di luar negeri tahu, bahwa minyak ikan sangat bermanfaat untuk kucing. minyak ikan adalah salah satu suplemen vitamin untuk kucing yang terbukti bagus dalam menjaga kesehatan kulit dan bulu. Konsumsi minyak ikan dalam dosis yang tepat dapat membuat kucing tumbuh dengan optimal dan selalu sehat. Tapi, tidak di Indonesia. Banyak pemilik kucing yang belum mengetahui khasiat tersembunyi dari minyak ikan untuk kesehatan kucing.

Melalui artikel ini, kami ingin memaparkan manfaat-manfaat pemakaian minyak ikan untuk kucing secara lebih mendalam. Apabila kamu penasaran dengan potensi tersembunyi dari minyak ikan, yuk baca pembahasan topik ini sampai selesai.

1. Menjaga Kesehatan Kulit & Bulu Kucing

Manfaat minyak ikan untuk kucing yang pertama adalah menjaga kesehatan kulit kucing. Minyak ikan mengandung senyawa asam lemak esensial omega-3. Senyawa asam lemak omega 3 memiliki kemampuan sebagai collagen store & antioxidants. Artinya, minyak ikan mampu menjadikan kulit kucing lebih sehat, kenyal dan terhindar dari iritasi.

Kondisi ini sangat baik untuk kucing. Karena kulit dan bulu yang sehat akan meningkatkan kecantikan kucing. Efeknya, kucing akan semakin disayang oleh majikannya. Jadi, jika kamu ingin memiliki kucing yang memiliki kulit yang sehat dan terawat, rutinlah memberikan minyak ikan pada kucing.

2. Sebagai Sumber Vitamin Tambahan bagi Kucing

Pada awal artikel, kami telah menjelaskan bahwa fungsi minyak ikan adalah sebagai suplemen makanan kucing. Artinya, minyak ikan dapat menjadi sumber lain dalam pemenuhan vitamin & mineral untuk kebutuhan nutrisi kucing.

Biarpun dalam pemakaiannya cuma sedikit, tapi minyak ikan mengandung banyak vitamin dan mineral yang bermanfaat. Berikut beberapa vitamin & mineral yang terkandung di dalam minyak ikan:

  • Omega 3.
  • Omega 6.
  • Vitamin A.
  • Vitamin D.
  • Asam lemak esensial.

Vitamin-vitamin ini akan meningkatkan kesehatan metabolisme di dalam tubuh kucing. Kesehatan metabolisme tubuh akan memperkuat berbagai organ penting di tubuh kucing. Misalnya, jantung, hati, paru-paru dan ginjal.

Untuk permasalahan estetika, vitamin dari minyak ikan dapat menyehatkan folikel rambut secara keseluruhan. Dengan begitu, kucing kamu akan terbebas dari kerontokan bulu yang parah. Tahukah kamu, kucing yang memiliki folikel rambut yang kuat tidak akan memiliki masalah bola bulu. Karena saat kucing grooming, hanya sedikit bulu yang tercabut.

Menarik, bukan? Hanya dengan menambahkan minyak ikan sebagai suplemen vitamin kucing, kucing kamu jadi makin sehat & cantik.

3. Mengurangi Stress Level Kucing

Banyak pemilik kucing pasti paham dengan perilaku kucing yang tiba-tiba berubah. Entah karena sedang masa birahi atau sedang pengen dimanja majikannya. Perubahan perilaku ini kadang membuat jengkel. Karena kucing pasti bikin onar di dalam rumah. Akibatnya, banyak barang jatuh dan rusak. Itulah disaster saat kucing lagi badmood.

Nah, ternyata, minyak ikan dapat membantu meredakan badmood si kucing, lho. Senyawa polyunsatured acids yang ada di dalam minyak ikan dapat meningkatkan produksi hormon serotonin. Peningkatan hormon serotonin dapat meningkatkan mood kucing dan mengurangi stress level. Dengan begitu, kucing jadi lebih tenang. Pada level tertentu, minyak ikan dapat kamu pakai untuk melawan kucing yang sedang depresi karena belum menemukan pasangan yang cocok. Well, keren ya! Yuk, lanjut!

4. Meningkatkan kualitas kesehatan kucing

Menurut Drh. JoAnna, minyak ikan sangat bagus untuk kucing. Di mana, konsumsi minyak ikan secara teratur dapat meningkatkan kesehatan kucing. Kucing yang rutin mengkonsumsi minyak ikan akan mendapatkan beberapa manfaat ini:

  • Jantung lebih sehat.
  • Aliran darah lebih lancar.
  • Kadar gula darah rendah.
  • Metabolisme tubuh seimbang.
  • Stamina meningkat.

Bahkan ada praktisi kucing yang bilang, pemakaian minyak ikan pada dosis yang tepat dapat memperpanjang umur kucing. Hal ini karena adanya peningkatan kualitas kesehatan kucing secara keseluruhan. Efek terbaiknya adalah si kucing jarang sakit. Jadi, dia lebih tahan terhadap perubahan cuaca dan wabah penyakit menular kucing. Hal ini karena sistem imun kucing meningkat secara pesat.

5. Meningkatkan Nafsu Makan Kucing

Manfaat minyak ikan untuk kucing selanjutnya adalah meningkatkan nafsu makan kucing. Minyak ikan memiliki aroma amis yang menyengat. Bagi kucing aroma ini sangat enak. Benar-benar menggugah selera makan. Kalau tidak percaya, coba saja eksperimen. Kamu olehkan minyak ikan ke jarimu, dan dekatkan ke hidung kucing. Kucing yang tadinya tidur-tiduran pasti akan segera bangun dan mencarimu. Itulah kekuatan dari minyak ikan. Hehe.

Selain memberikan aroma lezat, minyak ikan yang dikonsumsi secara rutin akan meningkatkan metabolisme tubuh kucing. Sistem pencernaan kucing akan berfungsi jauh lebih baik daripada sebelumnya. Alhasil, kucing semakin lahap saat makan. Hal ini karena peningkatan kesehatan sistem pencernaan berefek pada seluruh indah di tubuh kucing. Saat sistem pencernaan kucing dalam kondisi terbaik, kucing dapat merasakan makanan dengan sangat baik. Jadi, minyak ikan secara tidak langsung akan meningkatkan nafsu makan pada kucing.

6. Mengurangi Peradangan

Menurut Dr. Rowe dari Nolan Nolan Hill Veterinary Hospital, minyak ikan memiliki sifat anti-inflamasi. Dan faktanya, eicosapentaenoic acid (EPA) dan docosahexaenoic acid (DHA) di dalam minyak ikan memiliki peran sebagai sinyal seluler untuk mengurangi peradangan. Oleh karena ini, suplemen minyak ikan membantu meredakan penyakit inflamasi seperti radang sendi & penyakit jantung pada kucing. Minyak ikan juga dapat meredakan peradangan akibat alergi kulit. Artinya, minyak ikan dapat meredakan rasa gatal akibat alergi.

Jika kucing kamu menderita radang sendi yang cukup parah, suplemen minyak ikan dapat kamu pakai bersama obat nyeri. Kombinasi minyak ikan dan obat pereda nyeri sangat ampuh untuk meredakan sakit radang sendi pada kucing.

7. Mencegah permasalahan ginjal

Penyakit batu kandung kemih dan batu ginjal sering menghantui banyak pemilik kucing Persia. Karena beberapa kasus, tiba-tiba kucing bolak-balik ke litterbox tapi tidak tuntas saat pipis. Kondisi ini disebabkan oleh terbentuknya endapan di ginjal & kandung kemih akibat fungsi ginjal yang mulai menurun.

Nah, minyak ikan dapat mencegah penurunan fungsi ginjal kucing, lho. Di mana, senyawa omega 3, eicosapentaenoic acid (EPA) dan docosahexaenoic acid (DHA) akan memberikan nutrisi pada ginjal. Jadi, proses filtrasi di ginjal akan sangat maksimal. Oleh karena itu, beberapa praktisi kucing yang rutin memberikan minyak ikan jarang melakukan pemasangan kateter pada kucing. Ya, karena ginjal gunung selalu sehat.

8. Meningkatkan perkembangan otak

Beberapa ras kucing, ada yang memiliki kecerdasan rendah dan ada juga yang memiliki kecerdasan tinggi.

  • Kucing Abyssinian memiliki kemampuan berinteraksi dengan manusia dengan sangat baik. Kecerdasan kucing dalam menerima perintah tinggi. Jadi, kucing Abyssinian mudah dilatih.
  • Berbeda dengan kucing Persia yang cenderung memiliki kecerdasan rendah. Kucing Persia kurang cerdas saat dilatih dan lebih sering tidur.

Perbedaan kedua kucing tersebut terletak pada perkembangan neurologis dan kognitif pada kucing. Artinya, apabila kamu mampu memaksimalkan perkembangan otak kucing, kucing akan lebih mudah dilatih dan lebih cerdas. Nah, disinilah suplemen minyak ikan berperan. Minyak ikan memiliki manfaat untuk meningkatkan perkembangan otak kucing. Sehingga daya ingat, kemampuan bergerak, refleks dan respon kucing meningkat. Untuk mendapatkan hasil terbaik, rutinlah memberikan minyak ikan pada kucing.

9. Mencegah penyakit degeneratif

Minyak ikan ternyata juga memiliki manfaat untuk mencegah penyakit degeneratif pada kucing. Misalnya, kucing tua yang pelupa, katarak, penyakit sendi hingga penurunan fungsi organ vital tubuh. Senyawa asam lemak esensial, omega 3, EPA, DHA dapat menekan laju penyakit degeneratif pada tubuh kucing. Memang, penyakit degeneratif adalah penyakit tua yang tidak bisa dilawan. Akan tetapi, dapat dicegah. Pemberian minyak ikan secara berkala dapat mencegah kemunculan dini dari penyakit degeneratif. Dengan begitu, kucing akan memiliki masa hidup jauh lebih lama.

10 Sebagai suplemen tambahan untuk menggemukkan kucing

Manfaat terakhir minyak ikan untuk kucing adalah sebagai suplemen penggemuk kucing. Banyak praktisi kucing mengkombinasikan pemberian minyak ikan dan makanan premium untuk mempercepat proses penggemukan kucing.

  • Minyak ikan berperan sebagai perangsang nafsu makan dan suplemen penutrisi tubuh.
  • Makanan premium berperan sebagai sumber nutrisi utama untuk menggemukkan tubuh kucing.

Menurut pengalaman kami, kucing yang rutin mengkonsumsi minyak ikan, jauh lebih cepat gemuk. Ini membuktikan bahwa minyak ikan cocok sebagai suplemen penggemuk kucing. Di mana, saat porsi makan kucing meningkat secara bertahap, kurang dari 3 bulan kucing kurus yang kami pelihara menjadi gendut.

Itulah 10 manfaat minyak ikan untuk kucing. Tertarik untuk mencoba memberikan minyak ikan ke kucing? Untuk pemilik kucing pemula yang nggak tau cara ngasih minyak ikan, kamu bisa mengikuti panduan cara memberikan minyak ikan pada kucing. Di sana, ada beberapa metode terbaru dalam memberikan minyak ikan ke kucing. Dengan mempelajarinya, kamu akan menjadi master yang handal. Dan tentunya jadi majikan yang sangat dicintai oleh kucing-kucingmu. Hehe.

Nggak kerasa ya, sudah sampai di penghujung artikel. Kalau ada yang kurang jelas, silakan tulis pertanyaanmu melalui kolom komentar di bawah.

Tinggalkan Balasan:

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *