Teks Eksposisi

Paragraf Eksposisi : Pengertian, Ciri-Ciri, Jenis dan Contohnya

Dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia terdapat berbagai macam paragraf, salah satunya adalah paragraf eksposisi yang akan kita bahas pada artikel ini. Tahukah kamu apa yang dimaksud dengan paragraf eksposisi? Berikut ulasan lengkap mengenai paragraf eksposisi mulai dari pengertian, ciri-ciri, jenis hingga contohnya.

Pengertian Paragraf Eksposisi

Paragraf eksposisi adalah paragraf yang berisi sejumlah informasi penting. Paragraf ini ditulis secara singkat, padat dan jelas. Selain itu, paragraf ini juga harus mudah dipahami oleh orang yang membacanya. 

Pengertian paragraf eksposisi lainnya adalah sebuah paragraf  yang ditulis dengan tujuan untuk menjelaskan suatu topik pembahasan melalui paragraf yang singkat, padat dan jelas.

Biasanya kalimat yang digunakan dalam paragraf eksposisi bersifat mengajak atau menarik perhatian pembacanya. Sehingga pembaca tertarik untuk melakukan sesuatu seperti apa yang telah dijelaskan pada paragraf tersebut.

Ciri-Ciri Paragraf Eksposisi

Berikut ini beberapa ciri-ciri paragraf eksposisi :

  • Gaya penulisan persuasif atau bersifat mengajak.
  • Berisi penjelasan mengenai informasi yang terhubung dengan pengetahuan.
  • Tulisan tidak memihak dan bersifat objektif.
  • Penjelasan yang diberikan disertai data yang akurat.
  • Penyampaian disampaikan secara lugas dan menggunakan bahasa baku sesuai EYD.

Struktur Paragraf Eksposisi

Paragraf eksposisi memiliki struktur yaitu tesis, argumen dan penegasan kembali.

1. Tesis

Tesis merupakan bagian awal dari sebuah paragraf eksposisi. Bagian ini sering disebut sebagai bagian pembukaan Tesis berisi tentang topik yang akan dibahas pada paragraf tersebut.

2. Argumentasi

Struktur ini berisi berbagai macam pendapat yang dapat memperkuat pernyataan sebelumnya.

3. Penegasan Kembali

Setelah dinyatakan argumentasi, maka perlu adanya penegasan kembali. Dengan adanya penegasan ini, pembaca akan benar-benar dapat memahami sepenuhnya informasi dari paragraf yang ditulis. Struktur ini sering disebut kesimpulan.

Jenis Paragraf Eksposisi

Jenis paragraf eksposisi tidak hanya satu, melainkan ada beberapa, yaitu sebagai berikut :

  • Paragraf eksposisi berita, merupakan jenis paragraf eksposisi yang menyampaikan informasi suatu fenomena yang terjadi.
  • Paragraf eksposisi ilustrasi, merupakan paragraf eksposisi yang mendeskripsikan suatu pokok pembahasan agar dapat dipahami oleh pembaca.
  • Paragraf eksposisi definisi, adalah paragraf eksposisi yang berisi informasi tentang pengertian dari suatu objek. Misalnya paragraf eksposisi yang membahas tentang pengertian manajemen. Dalam paragraf ini menjelaskan bahwa manajemen adalah seseorang yang mengelola sebuah lembaga atau instansi tertentu.
  • Paragraf eksposisi perbandingan, merupakan paragraf eksposisi yang berisi suatu pokok pembahasan yang membandingkan beberapa hal.
  • Paragraf eksposisi analisis, adalah paragraf yang berisi tentang penganalisaan suatu pokok pembahasan yang dibuat ke dalam beberapa sub pokok pembahasan.
  • Paragraf eksposisi pertentangan, merupakan paragraf yang berisi tentang pertentangan suatu hal.

Contoh Paragraf Eksposisi

Tesis :
Zaman sekarang membuang sampah tidak pada tempatnya seolah menjadi hal yang lumrah. Ditambah lagi banyak orang-orang yang membuang sampah asal-asalan. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya saluran sungai yang terhalang oleh sampah, yang suatu saat dapat mengakibatkan bencana banjir.


Argumentasi :
Sebagian pengamat menyimpulkan bahwa setiap tahun jumlah manusia yang membuang sampah ke sungai semakin bertambah. Orang-orang belum juga kapok dengan adanya bencana banjir yang menimpa mereka akibat ulahnya sendiri. Bencana itu banyak memakan korban jiwa. Tidak hanya korban luka-luka, namun ada juga korban yang meninggal. Tapi kenapa hal ini tidak membuat mereka sadar untuk membuang sampah pada tempatnya.

Penegasan Kembali :
Seharusnya setelah mengetahui adanya bencana banjir yang terjadi akibat ulah mereka sendiri, mereka mempunyai kesadaran untuk tidak membuang sampah ke sungai.

Demikian ulasan mengenai paragraf eksposisi. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan:

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *