Pengertian-Adat-Istiadat

Pengertian Adat Istiadat

Di dalam suatu daerah pasti memiliki adat istiadat yang terpelihara dengan baik. Kebiasaan ini selalu diturunkan dari generasi ke generasi, minimal agar adat tidak hilang ditelan jaman.

Pertanyaannya adalah apakah pengertian dari adat istiadat? Nah pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai pengertian adat istiadat baik pengertian dari pandangan secara umum maupun pengertian menurut para ahli.

Harapannya semoga pembaca bisa memahami adat istiadat secara utuh sekaligus untuk memantik semangat dalam melestarikannya.

Pengertian Adat Istiadat Secara Umum

Secara etimologi adat istiadat bermakna kebiasaan yang menurut kabarnya diadopsi dari tata bahasa Arab. Jika dibaca dari makna etimologis tersebut tentu yang dimaksud dengan adat istiadat adalah kebiasaan yang dilakukan masyarakat di suatu daerah.

Adat istiadat sendiri diakui secara komunal kalau telah menjadi tata tertib sosial yang tidak tertulis. Bahkan ada sanksi pengucilan sosial jika adat istiadat yang sudah disepakati malah dilanggar oleh warga setempat.

Nah, Jika dilihat dari pandangan di atas, maka secara umum pengertian adat istiadat bisa dirangkum menjadi kebiasaan masyarakat yang telah dilakukan turun temurun dan sudah menjadi tata tertib yang disepakati bersama oleh seluruh warga di salah satu daerah,

Pengertian Adat Istiadat Menurut Ahli

Untuk lebih melengkapi pemahaman terkait pengertian adat istiadat, berikut akan dijelaskan pengertian adat istiadat menurut para ahli sejarah, antropologi, maupun pakar sosial kemasyarakatan.

1. Jalaludi Tunsam

Pengertian yang pertama datang dari pakar antropologi sosial dan kebudayaan Jalaludi Tunsam. Menurutnya adat istiadat berasal dari bahasa arab yaitu “adah” yang bermakna kebiasaan dalam kebudayaan yang mana di dalamnya terdapat budaya dan norma-norma yang harus dilakukan masyarakat.

2. Koen Cakraningrat

Koen Cakraningrat mendefinisikan adat istiadat dengan redaksi yang berbeda. Menurutnya Adat istiadat adalah kebiasaan yang lebih mengarah pada perbaikan perilaku, sifat, dan karakter manusia yang diikat dengan norma baik buruk dan disertai sanksi sosial.

Kebiasaan tidak tertulis yang telah disepakati sebagai tata tertib dalam menjalani kehidupan. Siapapun yang melanggarnya pasti akan mendapatkan hukuman atau sanksi yang sangat berat.

3. Harjito Notopura

Menurut Harjito Notopura adat istiadat lebih ke ranah hukum sosial yang tidak tertulis namun harus dipatuhi oleh masyarakat di suatu daerah sebagai satu pedoman bersikap di dalam kehidupan.

Contoh Adat Istiadat

Berikut akan di-list contoh-contoh adat istiadat utamanya di Indonesia. Diantara lain adalah:

1. Upacara Ngaben di Bali

2. Tradisi Temangan Komantan di Madura

3. Adat Berebut Lawang Belitung

4. Tradisi Pasola Sumba

5. Ritual Nyadar Sumenep

Jika sudah mengetahui pengertian adat istiadat, maka langkah berikutnya adalah generasi penerus harus menjaga dan melestarikan kebiasaan-kebiasaan tersebut.

Namun tentunya adat yang dimaksud adalah adat atau budaya yang baik yang mencerminkan keluhuran dalam bersikap dan berperilaku.

Tinggalkan Balasan:

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *