Pengertian-Administrasi-Bisnis

Pengertian Administrasi Bisnis

Sebagian orang pasti sudah mengetahui tentang administrasi bisnis, dikarenakan ada beberapa lembaga pendidikan yang memuat tentang materi tersebut.

Untuk bisa mengetahui dengan lengkap tentang administrasi dalam dunia bisnis, Anda bisa memahami beberapa pengertian administrasi bisnis, berikut ini:

Pengertian Administrasi Bisnis

Secara umum, administrasi bisnis merupakan suatu ilmu yang mempelajari tentang bagaimana seseorang bisa bekerjasama dengan pihak lain, untuk mencapai tujuan yang mereka miliki.

Selain itu, Administrasi bisnis sering pula disebut sebagai administrasi niaga.

Dalam ilmu administrasi bisnis, Anda akan mengenal tentang objek, subjek serta metode yang biasa digunakan. Objek tersebut biasanya berupa manusia dan perilaku yang dimilikinya.

Lalu subjek merupakan bentuk, bagian, serta mekanisme kerjasama yang akan dilakukan.

Sedangkan metode adalah suatu cara atau ide yang dikembangkan untuk mencapai tujuan bersama.

Administrasi bisnis atau niaga memiliki tujuan penting, yaitu untuk membangun kerjasama menguntungkan antara dua pihak atau lebih dengan memanfaatkan sumber daya yang ada di perusahaan tertentu.

Pengertian Administrasi Bisnis Menurut Para Ahli

Untuk bisa mengetahui arti dari administrasi bisnis lebih mendalam, Anda dapat memperhatikan dan memahami beberapa pengertian terkait administrasi bisnis berdasarkan pengetahuan dari para ahli, seperti berikut ini.

1.  Prof. Dr. Mr. S. Prajudi admosudidjo

Menurut beliau, administrasi bisnis merupakan tujuan yang ingin dicapai oleh beberapa manajer dalam suatu perusahaan atau organisasi perniagaan.

Tujuan yang diinginkan tersebut tiada lain menyangkut perbisnisan untuk mengembangkan perusahaan yang sedang ditempati.

Administrasi bisnis menjadi suatu sistem yang bisa dilakukan untuk mencapai setiap tujuan yang diinginkan oleh suatu perusahaan.

Meskipun tidak semua tujuan langsung terealisasikan, setidaknya ada beberapa tujuan yang bisa Anda capai dan menjadikan perusahaan bisa berkembang secara bertahap.

2. Sukarno dan Ibrahim Lubis

Definisi administrasi bisnis menurut Sukarno dan Ibrahim Lubis merupakan suatu aktivitas yang sering dilakukan oleh perusahaan swasta.

Biasanya aktivitas tersebut mencakup transportasi, kegiatan yang ada di bidang produksi, asuransi perbankan dan masih banyak lagi.

3. Sheldo dan Urwik

Menurut Sheldo dan Uwik, administrasi bisnis merupakan keseluruhan dari kegiatan yang dilakukan dalam bidang industri, terdiri dari sistem keuangan dan penyaluran atau distribusi, mekanisme produk yang akan dilakukan produksi, kendali eksekutif dan penentuan arah suatu organisasi serta kebijakan yang akan dilakukan.

Dalam administrasi bisnis,semua hal yang menyangkut perkembangan dan tujuan perusahaan atau non perusahaan akan dipelajari dan menemukan cara terbaik untuk bisa mewujudkannya, tanpa ada pihak yang akan dirugikan.

4. Y. Wayong

Menurut Y. Wayong, administrasi bisnis merupakan aktivitas yang mencakup tentang bagaimana suatu produk dapat diproduksi hingga akhirnya bisa sampai ke tangan konsumen yang sedang menginginkan dan membutuhkannya.

Selain itu, menurut Prayudi Atmosudidjo, administrasi bisnis memiliki beberapa ruang lingkup yang bisa dipelajari.

Ruang lingkup tersebut antara lain, organisasi, manajemen, tata usaha, sejarah administrasi, ensiklopedia administrasi dan filsafat administrasi.

Sedangkan menurut Drs. Soekarno, ruang lingkup yang dimiliki oleh administrasi bisnis terbagi menjadi dua macam, yaitu administrasi perusahaan dan administrasi non perusahaan.

Setiap ruang lingkup tersebut harus dipelajari dan dipahami agar bisa mengembangkan perusahaan atau non perusahaan yang ditempati.

Itulah beberapa pengertian administrasi bisnis yang dapat Anda ketahui dan pahami seluruh informasi yang sudah disajikan.

Setelah membaca beberapa pengertian administrasi diatas, maka dapat disimpulkan bahwa administrasi bisnis merupakan suatu sistem atau ilmu yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan bersama dalam suatu organisasi atau perusahaan.

Tinggalkan Balasan:

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *