Perbedaan Windows 10 Home dan Pro

Seiring kemajuan teknologi, sistem operasi Windows semakin berkembang pesat. Sistem operasi tersebut menyediakan berbagai versi, diantaranya OS Windows 10 Home dan Pro.

Perbedaan Windows 10 Home dan Pro terletak pada fitur dan cara kerjanya. Terutama dari fungsi, cara kerja, dan performanya dalam menunjang kinerja perangkat.

Ada banyak versi Windows 10 untuk perangkat tersebut, namun hanya versi Home dan Pro yang banyak digunakan oleh pengguna.

Perbedaan Windows 10 Home dan Pro

Perangkat elektronik salah satunya laptop terus dikembangkan dengan teknologi tinggi dan canggih. Sehingga dapat menunjang semua kebutuhan, terutama dalam mencari informasi yang relevan.

Agar dapat memberikan manfaat yang maksimal, smartphone dilengkapi dengan sistem operasi yang canggih. Diantaranya Windows 10 dengan edisi Home dan Pro yang banyak diminati saat ini.

Kedua versi Windows 10 tersebut mempunyai performa yang berbeda. Hal tersebut bertujuan untuk memberikan manfaat dan meningkatkan kinerja dengan intensitas yang tinggi.

1. Fitur yang Disediakan

Windows 10 menyediakan fitur yang berbeda pada kedua versi terbaru ini. Meski terlihat sama, namun fitur yang dimiliki Windows 10 Pro lebih unggul dibandingkan Home.

Windows 10 Pro mempunyai fitur Hyper-V, BitLocker Device Guard, dan Secure Boot dan masih banyak lagi.

Sedangkan Windows 10 Home belum dilengkapi dengan fitur tersebut. Sehingga Pro dapat digunakan untuk kebutuhan bisnis karena fiturnya yang lebih lengkap.

Windows 10 Pro sudah didukung dengan berbagai fitur modern. Terutama teknologi sesuai dengan kemajuan teknologi dan pengetahuan di bidang digital.

2. Pengaturan Windows Update

Kamu pasti pernah mengalami gangguan pada laptop atau komputer. Salah satunya saat digunakan, tiba-tiba perangkat minta diupdate atau direstart.

Kondisi tersebut pasti membuat kamu merasa tidak nyaman karena perbedaan Windows 10 Home dan Pro bisa dilihat dari pengaturan updatenya.

Windows 10 Pro dapat menunda update sampai 35 hari. Sehingga kamu bisa mengatur jadwal update saat sedang beraktivitas.

Fitur jadwal update Windows tersebut tidak tersedia dalam Windows 10 Home. Sehingga saat proses update terjadi secara otomatis dan tiba-tiba.

3. Sistem Keamanan

Jika dilihat dari sistem keamananya, perbedaan Windows 10 Pro dilengkapi dengan proteksi perangkat. Sehingga keamanannya lebih kuat dengan performa yang sangat profesional.

Untuk Windows 10 Home belum dilengkapi dengan fitur proteksi yang tinggi. Sehingga performanya masih dibawah Pro.

Terdapat fitur Enterprise Data Protection pada Windows 10 Pro. Fitur tersebut berfungsi untuk menjaga data penting agar tetap aman dan terjamin.

4. Kapasitas RAM

Perbedaan Windows 10 Home dan Pro bisa dilihat dari limit kapasitas RAM yang dimilikinya. Windows 10 Home hanya mempunyai kapasitas 128GB saja.

Sedangkan Windows 10 Pro mampu mendukung kapasitas RAM hingga 2TB. Sehingga sangat cocok untuk penggunaan dengan intensitas tinggi.

Baik untuk kebutuhan kantor, bisnis, dan sebagainya. Bertujuan untuk menyimpan data dan informasi dengan aman dan terjamin.

Menurut situs teknologi Gawainesia, Kapasitas Windows 10 Pro sangat berbeda dengan versi Home karena teknologi yang digunakan juga berbeda.

5. Harga

Pada situs resmi Microsoft Indonesia, harga Windows 10 berbeda-beda, termasuk untuk Windows 10 Pro dan Home.

Harga yang ditawarkan untuk Windows10 Pro sekitar Rp 3.8 juta. Harga tersebut sesuai dengan performa yang dimilikinya.

Sedangkan Windows 10 Home mempunyai harga yang lebih murah, sekitar Rp. 2.6 juta. Selisih harga tersebut cukup tinggi dengan versi Pro.

Meski harganya lebih mahal, Windows 10 Pro banyak digunakan saat ini. Hal tersebut karena fitur yang disediakan lebih lengkap dan canggih.

Meski terdapat perbedaan Windows 10 Home dan Pro, namun keduanya dapat menunjang fungsi dan performa laptop. Terutama jika penggunaan laptop dengan intensitas yang tinggi.

Tinggalkan Balasan:

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *