Cara Mengatasi Play Store Tidak Bisa Dibuka

6 Cara Mudah Mengatasi Play Store Tidak Bisa Dibuka

Sebagai gudangnya download aplikasi dan game secara legal untuk smartphone bersistem operasi Android, rupanya terkadang Play Store bisa bermasalah.

Sudah cukup banyak pengguna yang mengalami kejadian serupa, padahal aplikasi Play Store ini cukup sering melakukan update secara rutin.

Sayangnya ada saja bug yang lolos sehingga membuat para pengguna Android menjadi panik karena tidak bisa melakukan download apk maupun game yang mereka inginkan.

Namun jangan khawatir, semua itu pasti ada solusinya. Kamu hanya perlu melakukan beberapa metode yang beragam mulai dari cara termudah.

Lantas apa saja cara mengatasi Play Store yang tidak bisa dibuka? Ikuti pembahasan berikut, barangkali salah satu diantaranya bisa menyelesaikan permasalahan kalian.

1. Hapus Cache Play Store

Hapus Cache Play Store
  1. Ini cara termudah, kamu hanya perlu menghapus sampah atau cache yang ada di aplikasi Play Store. Untuk melakukannya kamu bisa ikuti panduan berikut:
  2. Silahkan kunjungi bagian setelan masing-masing pada smartphone kalian
  3. Kemudian, arahkan ke opsi “aplikasi atau semua aplikasi”
  4. Cari “Google Play Store” lalu pilih aplikasi tersebut
  5. Disini kamu hanya perlu mengetuk tulisan “Hapus Cache”
  6. Selesai, coba buka kembali Play Store-nya barangkali sudah berfungsi normal

2. Restart HP

Jika cara diatas masih belum berhasil, maka kamu bisa mencoba melakukan restart HP terlebih dahulu.

Terkadang beberapa bug kecil pada aplikasi yang terinstall (termasuk Play Store) bisa otomatis kembali seperti semula ketika kamu melakukan restart.

Untuk melakukannya kami yakin kamu sudah paham, cukup tekan agak lama tombol power pada ponselmu.

Lalu, tekan tulisan “restart” dan tunggu sampai prosesnya selesai, lalu coba kembali untuk membuka Play Store.

3. Setting Tanggal dan Waktu yang Tepat

Setting Tanggal dan Waktu yang Tepat

Kesalahan dalam setting tanggal dan waktu juga bisa menjadi penyebabnya. Barangkali, secara tidak sengaja kamu mengganti tanggal dan waktu menjadi tidak sesuai dengan real-time.

Cara memperbaikinya kamu hanya perlu mengunjungi bagian setelan ponsel, lalu scroll ke bawah sampai menemukan opsi “Tanggal dan waktu”, selanjutnya tinggal aktifkan “Tanggal dan waktu otomatis.”

Mungkin dengan mengembalikan pengaturan ini, error pada Play Store bisa teratasi dengan baik.

Baca Juga: Cara Mengirim WA Tanpa Save Nomor

4. Coba Hapus Akun Google dan Tambahkan Ulang

Apabila masalah masih berlanjut, mungkin salah satu penyebabnya ada di akun Google-mu. Silahkan dicoba hapus dulu akun yang saat ini ada di ponselmu (pastikan untuk mencatat kata sandinya, barangkali lupa).

Bagaimana caranya? Untuk melakukannya kamu hanya perlu mengunjungi setting ponsel pada bagian pengaturan -> akun -> akun Google

Sesudah dihapus, kamu bisa mencobanya kembali dengan menambahkan akun seperti biasa.

Beberapa pengguna mengatakan bahwa cara ini cukup efektif untuk mengatasi Play Store yang tidak bisa dibuka.

5. Matikan VPN

Matikan VPN

Terkadang koneksi VPN juga bisa mengganggu berjalannya aplikasi Play Store. Oleh karena itu, solusinya adalah menonaktifkan terlebih dahulu koneksi VPN yang sedang terhubung.

Lalu pastikan juga HP kamu hanya terhubung ke jaringan seluler biasa saat membuka Google Play Store (server tetap Indonesia).

6. Hapus Cache Google Play Services

Hapus Cache Google Play Services

Hampir sama dengan langkah penghapusan cache Google Play Store, kali ini mungkin permasalahannya terletak di rangkaian manajemen Google Play Services.

Banyak yang tidak menyadari bahwa aplikasi ini ada di setiap ponsel secara default. Ya, pada faktanya, aplikasi inilah yang menjadi penghubung dari berbagi layanan Google lainnya.

Untuk menghapus cache pada aplikasi ini, kamu bisa melakukannya dengan mengunjungi bagian pengaturan/setelan.

Setelah itu, scroll atau gulir ke bawah sampai menemukan opsi “aplikasi terinstal atau semua aplikasi.”

Masing-masing ponsel pasti berbeda-beda letak menu manajemen aplikasinya, kamu hanya perlu menyesuaikannya saja.

Berikutnya, bisa langsung dicari dengan cara gulir atau scroll kembali, atau ketik di kolom pencarian dengan nama “Google Play Services.”

Hasil pencarian akan muncul di bagian atas, kamu bisa langsung mengklik aplikasinya dan menghapus cache-nya dengan cara menekan tombol “Hapus Cache”.

Ya, itu dia berbagai cara yang bisa kamu coba secara mandiri agar bisa mengatasi Play Store tidak bisa dibuka. Semoga masalahnya bisa terselesaikan.

Tinggalkan Balasan:

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *