Cara-Mengatasi-Download-Lama-di-Playstore

Cara Mengatasi Proses Download Lama di Playstore

Saat ini, kalian pasti sudah sangat akrab dengan yang namanya google playstore. Karena semua aplikasi dan game yang kalian butuhkan tentunya tersedia di sana. Namun, setiap orang pasti pernah mengalami download yang pending atau download yang lama.

Banyak faktor yang menyebabkan sering terjadinya downlading yang lama. Berikut beberapa cara mengatasi proses downloading di playstore yang lama yang bisa Anda coba.

Cara Mengatasi Proses Download Lama di Playstore

Simak langkah-langkah mengatasi proses downloading di playstore yang lama berikut:

1. Restart smartphone android

Melaukan restart adalah cara paling ampuh untuk mengatasi playstore kalian yang lama loading. Dengan melakukan restart maka file sampah dan cache tersimpan pada RAM akan dihilangkan sehingga RAM jadi lebih besar penyimpanan-nya.

Karena banyak kasus download di playstore yang lama dikarenakan RAM penuh oleh file sampah dan cache.

2. Hapus cache dan data aplikasi

Kalian bisa menghapus cache dan data aplikasi playstore dengan cara menuju ke pengaturan telepon, cari dibagian bawah pilihan menu aplikasi. Di menu aplikasi ini kamu cari dan pilih aplikasi google playstore, setelah itu masuk ke pilihan menu penyimpanan. Terakhir tap bagian hapus data dan hapus memori atau cache.

3. Memindahkan aplikasi ke microSD

Pastikan di memori internal ruang kosong-nya cukup luas. Untuk membuat ruang penyimpanan internal lebih luas, kamu bisa memindahkan aplikasi yang kamu simpan di memori internal ke memori eksternal yang kamu miliki.

4. Update aplikasi google playstore

Langkah-langkah yang bisa kamu gunakan yaitu buka dan masuk menu pengaturan, car dibagian bawah opsi menu aplikasi, setelah itu kamu pilih aplikasi google playstore dan kamu pilih menu uninstall updates dan terakhir kamu memilih OK. Kemudian kembali ke menu home lalu buka lagi google playstore.

Tunggu aplikasi loading, dan sekarang google playstore sudah berhasil diupdate ke versi terbaru dan kalian cobalah untuk mendownload ulang aplikasi yang kamu inginkan yang tertunda sebelumnya.

5. Update waktu dan tanggal di ponsel

Kalian bisa buka setting atau pengaturan di ponsel kamu, kemudian klik date dan time. Setelah itu jika ada tulisan automatic date dan time atau atomatic time zone, jangan di ceklist atau dikosongkan. Atur tanggal dan waktu secara acak atau tidak sesuai.

Pencet tombol home agar kembali ke pengaturan date dan time, setting waktu dan tanggalnya dengan benar dan centang automatic time zone dan coba download lagi dari Playstore.

6. Pastikan kalian tidak membatasi background data

Kalian bisa membuka setting atau pengaturan dan klik data usage atau penggunaan data. Lalu tekan tombol menu, tekan tiga kotak kecil menu yang biasanya terletak di kanan atas. Jangan centang batasi data latar belakang.

7. Flight mode

Anda bisa melakukan pengaturan koneksi internet kalian dengan cara mengaktifkan flight mode (mode pesawat On), lalu mematikan lagi (Off).

8. Mulai ulang perangkat

Caranya cukup dengan menekan tombol daya sampai tampil pop-up menu, setelah itu kamu bisa memilih restart atau matikan daya. Setelah itu kamu bisa coba masuk ke playstore lagi dan mengecek apakah proses download sudah berjalan lancar atau belum.

9. Ganti akun google

Jika cara diatas sudah kalian coba dan masih tidak berhasil, kalian bisa mencoba cara yang satu ini, yaitu mengganti akun google . karena mungkin terdapat masalah di akun yang kalian pakai sekarang sehingga asosiasi ke playstore error.

Caranya, masukkan kun kamu ke google. Dan hapus akun anda dari sinkronisasi google dan restart perangkat, lalu setelah di sinkronisasi lagi, masukkan kembali email atau gmail baru anda.
Itulah beberapa cara mengatasi proses download di playstore yang lama yang bisa kamu coba.

Tinggalkan Balasan:

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *