Batik

Rekomendasi Belanja Batik di Solo

Spirit Of Java menjadi jargon yang saat ini digaungkan di kota Solo. Kota yang menyimpan banyaknya kekayaan warisan budaya. Salah satunya yang menjadi ikon kota Solo yaitu batik. Memang batik menjadi warisan budaya dari nenek moyang yang masih dilestarikan hingga saat ini bahkan banyak perubahan secara konsep dalam penggunaannya tetapi masih dijaga terhadap motif-motif yang telah diwariskan.

Di Solo, hingga saat ini masih cukup banyak para pengerajin batik. Ada beberapa galeri maupun produsen batik yang menyediakan sebuah tempat untuk kalian yang ingin mengenal lebih jauh tentang cara membuat batik. Bahkan kalian juga bisa langsung membuat batik disana. 

Karena batik sudah menjadi pakaian formal dan modern saat ini. Batik pun menjadi cinderamata yang populer bagi kalian yang berkunjung ke kota Solo dan ingin membawa oleh-oleh untuk keluarga tercinta dirumah ataupun kerabat dekat kalian. Untuk itu berikut kami rekomendasikan beberapa tempat untuk belanja baju batik di kota Solo

  • Pasar Klewer

Pasar Klewer merupakan tempat penjualan baju batik yang terhitung legend di kota Solo. Pasar ini ada sejak jepang menduduki di Indonesia. Sehingga pasar klewer bisa dikatakan ikon pasar batik sekaligus tempat wisata di kota Solo. Letaknya berdekatan dengan Keraton Surakarta. Jadi ketika wisatawan dari kunjungan ke Keraton bisa langsung berkunjung ke pasar klewer.

Di pasar Klewer kalian dapat menemukan jenis-jenis batik ataupun baju batik yang cukup banyak. Tidak usah khawatir lagi jika tidak menemukan motif batik yang kalian sukai di satu toko, kalian langsung bisa pindah toko lain yang berada disana karena terdapat ratusan toko yang menjual kain maupun baju batik.

  • Kampung Batik Laweyan

Kampung Batik Laweyan merupakan salah satunya kampung batik cukup tertua dan populer di kota Solo. Kampung ini ada sejak abad ke 19. Untuk lokasinya berada di gang-gang kecil yang konsep bangunannya perpaduan seni arsitektur Jawa, Eropa, Islam, dan Tiongkok.

Mayoritas masyarakat kampung Laweyan mata pencahariannya sebgain besar pedagang dan pengerajin batik. Jadi disinilah kalian dapat berbelanja batik dan belajar membatik secara langsung. Dan dapat mengikuti workshop batik secara singkat sehingga karya hasil buatan kalian dapat kalian bawa pulang.

  • Batik Prabuseno

Batik Prabuseno merupakan brand dan produk batik Indonesia berkualitas tinggi yang kualitasnya tidak perlu kalian ragukan lagi. Motif yang tersedia juga mempunyai ragam sesuai dengan selera kalian, mulai motif jagad muda dengan paduan warna soft, motif harubuwono yang dominan berwarna gelap. 

Batik Prabuseno sebuah brand yang cukup terkenal di kota Solo. Untuk alamat tokonya terletak di jalan Dr. Rajiman No 395, Panularan, kecamatan Laweyan, kota Surakarta, Jawa Tengah. Disana kalian dapat langsung memilih baju batik khas Solo dengan ragam motif yang cukup banyak, ataupun membeli kainnya saja.

  • Benteng Trade Center

Benten Trade Center atau dikenal secara umum oleh masyarakat dengan sebutan BTC merupakan pasar seperti mall dengan bangunan 3 lantai. BTC menjual pakaian macam-macam jenis baju batik. Selain itu juga menyediakan jenis tekstil, ataupun produk-produk berbahan dasar kain batik.

BTC sangat terkenal bagi wisatawan. Selain menjual bijian, disana juga menyediakan belanja secara grosir ataupun kalian yang ingin menjadi reseller. Untuk harganya masih tergolong sangat terjangkau dari pada tempat jual batik lainnya.

Itulah empat (4) rekomendasi tempat belanja batik di kota Solo, semoga menginspirasi untuk kalian yang ingin belanja batik. Dan segera membelikan oleh-oleh terbaik untuk keluarga dan kerabat dekat kalian.

Tinggalkan Balasan:

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *