Oppo membanjiri pasar dengan smartphone. Hampir enam bulan setelah ponsel seri Reno pertama masuk ke rak toko, perangkat generasi kedua ada di sini.

Perangkat utama dalam jajaran generasi kedua adalah Reno 2, yang cocok di antara Reno 2 Z yang lebih terjangkau dan Reno 10x Zoom yang lebih mahal . Ini memiliki tampilan bebas takik, kamera selfie pop-up dan sistem kamera quad yang semuanya dibangun dalam sasis yang tampak premium.

Daya tarik klasik dan minimalis

  • Dimensi: 160 x 74,3 x 9,5mm / Berat: 189g
  • Desain kaca / logam

Satu hal yang kami sukai dari smartphone seri Reno generasi pertama dari Oppo adalah tampilannya yang bergaya minimalis. Tidak seperti pesaingnya, tidak ada tonjolan kamera yang menonjol, dengan warna unicorn yang mencolok dan cerah.

Etos desain yang sama berlanjut dengan Reno 2. Bagian belakang memiliki tampilan berkelas yang sama, dengan kolom empat kamera yang ditempatkan di tengah di bagian atas ponsel. Dan pengaturan kamera ini tidak menonjol sama sekali. Ini benar-benar rata dan tertutup oleh kaca yang sama dengan bagian belakang ponsel lainnya.

Untuk memberikan perlindungan, ia memiliki nubbin Oppo Reno itu. Ini adalah jerawat hitam mengkilap yang sedikit menonjol keluar dari ponsel, memastikan bahwa saat ponsel diletakkan di punggungnya, kamera tidak menyentuh permukaan apa pun. Tepat di bawah kamera tersebut adalah area berbentuk pil matte dengan merek standar Oppo “dirancang oleh Oppo”, memecah bagian belakang yang seluruhnya mengkilap.

Meskipun kaca ini jelas lebih halus dalam pantulannya daripada banyak ponsel andalan lainnya, ia masih memiliki efek multi-layer. Pada sudut tertentu Anda hampir melihat beberapa warna ungu halus menerobos unit biru tua kami, dan ketika cahaya menangkap kaca, Anda akan mendapatkan garis-garis terang yang melapisi bagian belakang saat memantulkan dan membias melalui lapisan tersebut.

Kaca ini kemudian melengkung dengan lembut ke arah tepi logam biru, sehingga terasa nyaman di tangan. Bisa dibilang, ini masih ponsel yang cukup besar. Ini terasa lebih tebal dan lebih tinggi dari iPhone 11 , sebagai contoh. Jadi ini bukan ponsel yang paling mudah digunakan di satu tangan, tetapi pada saat yang sama juga tidak terlalu tidak nyaman.

Tontonan sebenarnya ada di depan, di mana layar memenuhi hampir semua real estat yang tersedia. Bezel di sekitar layar sangat tipis, dan tidak ada kamera takik atau lubang untuk memecahnya. Itu hanya semua layar. Dan menjadi ponsel Reno premium, itu berarti kamera depan ada di dalam mekanisme poppy sirip hiu yang ikonik itu.

Kamera ini meluncur dengan mudah kapan pun dibutuhkan. Baik itu saat Anda membuka kunci ponsel menggunakan pengenalan wajah atau mengambil foto selfie. Dan – seperti OnePlus 7 Pro – ia menarik diri ketika mendeteksi telepon jatuh. Namun, ini bukan satu-satunya cara untuk membuka kunci ponsel. Ada juga sensor sidik jari dalam layar yang jauh lebih cepat. Ini adalah sensor optik, tetapi lebih cepat dan lebih andal daripada gelombang sensor pertama yang kami lihat menjelang akhir 2018.

Layar besar dan cerah

  • Layar Full HD + AMOLED 6,5 inci
  • Resolusi 1080 x 2400 (401ppi)
  • Tidak ada takik / potongan

Tampilan di ponsel semakin baik setiap saat, hingga Anda sekarang bisa mendapatkan panel yang sangat bagus di perangkat yang tidak membebani bumi. Ini berlaku untuk Reno 2.

Ini adalah layar Full HD + AMOLED 6,5 inci yang cerah, bersemangat, dan memiliki banyak kontras. Hitam bertinta dan warna tampak hidup, tanpa terlihat terlalu jenuh. Ini tampilan yang bagus untuk menonton Netflix. Menjadi benar-benar datar juga membantu, menghindari sedikit lengkungan yang cenderung terjadi saat Anda memiliki lengkungan di tepinya.

Memiliki kerapatan piksel lebih dari 400ppi berarti ada banyak ketajaman juga. Anda tidak mendapatkan kejelasan absolut dalam detail dan kurva halus yang mungkin Anda dapatkan dengan layar Quad HD + resolusi lebih tinggi, tetapi saat Anda menggunakannya dalam jarak dekat – seperti biasanya – itu bukan sesuatu yang benar-benar Anda perhatikan.

Satu-satunya masalah yang kami perhatikan dengan tampilan adalah penskalaan aplikasi yang tidak biasa saat layar penuh. Beberapa aplikasi mengisi layar dengan benar, menggunakan semua ruang, sementara yang lain tidak. Jadi ini bisa jadi masalah pengembang.

Menggunakan Tur Mario Kart sebagai contoh, kami menemukan bahwa layar tidak sepenuhnya penuh. Ada bilah hitam tipis di bagian atas dan bawah layar, yang terlihat sangat tidak biasa jika dipadukan dengan sudut membulat, karena memotong sudut membulat menjadi dua. Tampaknya skalanya tidak terlalu baik, terutama karena ikon di bilah status di bagian atas berada tepat di tepi konten game, tanpa spasi.

Kecepatan yang dapat diandalkan

  • Prosesor Snapdragon 730G, RAM 8GB
  • Pengisian daya cepat VOOC 20W
  • Baterai 4,000mAh

Reno 2 mungkin tidak memiliki prosesor terbaru dan terhebat di dalamnya, tetapi itu tidak membuatnya menjadi pelatih yang lambat. Dalam tugas sehari-hari, Reno 2 cepat dan konsisten. Anda tidak akan pernah menunggu apa pun untuk dimuat, atau berjuang dengan animasi atau transisi yang tertinggal. Anda pasti tidak akan merasa kekurangan perubahan, atau melihat adanya kelambatan.

Menjalankan game dengan grafis yang intens, terutama game yang bergerak cepat seperti Asphalt 9, kami telah memperhatikan sedikit gagap yang aneh di sana-sini, tetapi tidak pernah cukup meresap untuk menodai pengalaman.

Untuk sebagian besar – kecuali jika kami menempatkan ponsel andalan super cepat berdampingan dengannya – memainkan judul yang sama atau melalui gerakan yang sama di Reno 2, kami tidak akan benar-benar memperhatikan apa pun yang menunjukkan itu bukan andalan yang tepat.

Ini cerita yang mirip dengan masa pakai baterai. Dikombinasikan dengan pengoptimalan bawaan dalam perangkat lunak, baterai 4,000mAh Oppo lebih dari cukup baik untuk kehidupan sehari-hari. Satu-satunya cara kami bisa mengurasnya dalam satu hari kerja adalah jika kami secara aktif mencoba melakukannya dengan bermain game non-stop selama berjam-jam.

Seperti kebanyakan ponsel Android yang besar dan bertenaga yang kami dapatkan dari bangun di pagi hari hingga waktu tidur dengan sisa daya lebih dari 40 persen. Itu dengan bermain game sekitar satu jam, mungkin satu jam di media sosial, tetap berhubungan dengan rekan kerja melalui Slack, dan mendengarkan musik.

Saat baterai habis, tidak perlu khawatir menunggu lama untuk mengisi ulang. Kekuatan terbesar Oppo sejak lama adalah teknologi pengisian cepatnya. Selama beberapa tahun terakhir, ini mengembangkan teknologi yang disebut VOOC flash charging. Anda akan menemukan berbagai versi teknologi ini dengan kecepatan yang berbeda, tetapi ponsel ini menggunakan versi standar yang sekarang. Jadi, meskipun tidak mengesankan seperti Super VOOC yang sangat cepat, Anda masih bisa mendapatkan baterai dari 0-60 persen dalam waktu sekitar 30 menit.

Perangkat lunak ColorOS
Kami tidak akan terlalu mendalam pada sisi perangkat lunak, karena ini adalah sistem operasi yang sama dengan kebanyakan ponsel Oppo dan Realme sebelumnya . Ini tidak seperti stok Google Android, tetapi dengan setiap iterasi baru Oppo telah meningkatkan elemen yang dulunya membingungkan. Menu pengaturan telah disederhanakan, sekarang ada laci aplikasi juga, dan beberapa aplikasi default biasa seperti jam dan kalender.

Untuk merasakan lebih banyak rasa untuk versi ColorOS dari Android Pie, pastikan untuk memeriksa tip dan trik Reno kami, atau baca ulasan Reno 10x Zoom kami .

Empat kamera cukup?

  • Sistem quad kamera
  • Utama 48MP, ultrawide 8MP, telefoto 13MP, data 2MP b / w

Kami telah melihat perlombaan untuk meningkatkan jumlah kamera di bagian belakang smartphone belakangan ini, dan Oppo Reno 2 memiliki empat di antaranya. Kamera keempat, terkecil adalah sensor hitam putih beresolusi rendah, jadi pada kenyataannya manfaat yang Anda dapatkan dari sistem ini berasal dari tiga kamera lainnya.

Ada kamera utama 48 megapiksel, kamera ultra lebar 8 megapiksel, dan kamera telefoto 13 megapiksel. Bersama-sama, mereka menawarkan banyak keserbagunaan. Muat aplikasi kamera di telepon dan ada tombol yang mudah digunakan yang memungkinkan Anda beralih di antara empat panjang fokus yang berbeda. Anda mendapatkan ultra-lebar, 1x, 2x, dan 5x. Yang terakhir adalah zoom digital, tetapi menggunakan beberapa tipuan AI kamera, Oppo telah mengurangi blur dan menyimpan banyak detail.

Hasil dari zoom 5x ini tidak setajam foto yang Anda dapatkan dari tiga panjang fokus lainnya, seperti yang Anda duga, tetapi hasilnya tetap bagus saat diambil dalam cahaya yang bagus. Proses pelunakannya tampaknya melembutkan cukup banyak detail, membuatnya terlihat agak terlalu lembut, seperti lukisan cat minyak. Ini hampir seperti – dalam upaya untuk mengurangi noise gambar – detailnya tercoreng seperti lukisan cat minyak.

Dalam cahaya yang bagus, hasil dari kamera lumayan, dengan warna dan detail yang bagus. Kamera juga fokus dengan cepat – selama Anda tidak mencoba mengambil gambar close-up dan bergerak terlalu banyak. Saat mendeteksi sebuah adegan, Reno 2 melakukan pekerjaan yang baik dalam menyeimbangkan warna dan eksposur. Anda tidak mendapatkan warna biru yang terlalu jenuh di langit atau rumput yang terlalu hijau seperti yang telah kita lihat dari beberapa kamera AI lainnya.

Ini bukan kamera yang sempurna. Terkadang, sorotan seperti awan putih atau elemen putih dengan cahaya yang menyinari mereka, menjadi terlalu terekspos, kehilangan semua detail, sedangkan sisa foto lainnya seimbang dengan baik. Terlebih lagi, dalam cahaya redup white balance dan warna tampak sedikit bergeser dan tidak terlihat bagus.

Secara keseluruhan, kecuali Anda benar-benar pilih-pilih, Anda tidak akan mengeluh menggunakan kamera ini. Serbaguna, bertenaga, dan dapat mengambil beberapa bidikan hebat jika Anda memiliki kondisi yang tepat.

Putusan

Reno 2 adalah perangkat yang tampak premium dengan sistem kamera yang sangat mumpuni, masa pakai baterai yang lama, dan tampilan yang bagus. Tetapi dengan ponsel Realme X2 Pro terbaru yang baru saja diumumkan , bahkan semua hal bagus ini membuat Oppo sedikit lebih sulit untuk direkomendasikan.

Tinggalkan Balasan:

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *