Tisp-Merawat-Mouse-Gaming

Tips Merawat Mouse Gaming Supaya Awet

Tips Merawat Mouse Gaming – Mouse merupakan salah satu alat input yang punya fungsi penting pada sebuah komputer. Mouse digunakan untuk melakukan berbagai perintah saat mengoperasikan PC atau laptop.

Tanpa adanya mouse, aktivitas pengoperasian komputer pastinya tidak akan berjalan dengan optimal. Meskipun di perangkat laptop sudah dilengkapi touchpad, tetapi penggunaannya dianggap kurang maksimal dibandingkan mouse.

Berbicara mengenai perangkat mouse, ada beberapa jenis yang bisa ditemukan di pasaran sekarang ini. Salah satunya yang menjadi pilihan favorit adalah mouse gaming, di mana mouse jenis ini dirancang khusus untuk membuat nyaman pengguna saat main game.

Berbeda dengan jenis mouse lainnya, mouse gaming butuh perawatan khusus agar awet. Lantas, apa saja tips merawat mouse gaming agar awet tersebut? Informasi selengkapnya bisa Anda simak di bawah ini.

Tips Merawat Mouse Gaming Supaya Awet dan Nyaman Dipakai

Mouse gaming biasanya didesain dengan bentuk yang unik dan berkesan keren. Fitur-fitur canggih disematkan di dalamnya, tidak lain untuk memaksimalkan permainan game.

Karena itulah, hal tersebut membuat harga dari mouse gaming terbilang lebih mahal. Selain mahal, mouse gaming juga butuh perawatan yang beda dari mouse biasa. Adapun tips merawat mouse gaming supaya awet selengkapnya, yakni:

1. Matikan Mouse Saat Tidak Digunakan

Khususnya untuk mouse gaming wireless, pastikan Anda sudah mematikan mouse ketika tidak digunakan. Hal ini bertujuan untuk membuat awet daya baterai dari mouse tersebut.

Jika dibiarkan tetap hidup meskipun tidak digunakan, tentunya daya baterai akan terus terkuras. Selain itu, mematikan mouse saat tidak digunakan sedikit banyaknya juga bisa memperpanjang umur mouse.

Sementara untuk mouse kabel juga demikian, Anda perlu mencabut kabelnya jika memang tidak digunakan. Aliran listrik yang masuk secara terus menerus juga diklaim bisa memperpendek umur mouse.

2. Rutin Membersihkan Mouse

Menjaga mouse agar tidak terpapar debu juga sangat penting untuk dilakukan. Debu terkadang bisa masuk ke dalam perankat mouse dan membuatnya kurang nyaman digunakan.

Sebaiknya kamu rutin membersihkan mouse gaming tersebut dan menjaganya selalu dalam keadaan bebas dari debu dan kotoran.

Untuk membersihkan mouse bisa menggunakan tisu basah dan mengusapkannya ke seluruh bagian bodi luar mouse. Untuk mengeringkannya, Anda bisa menggunakan kain microfiber yang dianggap lebih lembut dan tidak merusak bodi mouse.

3. Simpan di Tempat yang Tidak Terkena Sinar Matahari Langsung

Sama seperti perangkat elektronik lainnya, jika terpapar sinar matahari langsung secara terus-menerus akan membuatnya cepat rusak. Sebaiknya Anda simpan mouse gaming di tempat yang sejuk dan terlindung dari sinar matahari langsung. Misalnya saja di lemari atau tempat khusus yang sudah disediakan.

Jangan juga kamu menyimpan mouse gaming dengan barang lain yang saling tindih. Selain bisa merusak bodi, hal ini juga berpotensi merusak tombol-tombol pada mouse gaming.

Seperti yang kita tahu, mouse gaming biasanya dibekali dengan tombol-tombol khusus yang ukurannya kecil. Tidak lain fungsi tombol tersebut untuk memaksimalkan permainan game.

4. Hindari Benda Cair Masuk ke Mouse Gaming

Sebagai pengguna Anda harus selalu waspada terhadap berbagai risiko yang bisa dialami pada perangkat gaming Anda. Khususnya untuk mouse, sebaiknya jauhkan perangkat tersebut dari benda-benda cair, seperti air minum atau yang lainnya.

Jika benda cair tertumpah ke mouse, pastinya hal tersebut akan langsung membuat mouse menjadi rusak.

Mungkin saja saat Anda sedang serius bermain game dan karena adegan tertentu akhirnya membuat Anda reflek dan tidak sengaja menjatuhkan benda cair yang ada di sebelah mouse. Alhasil airnya jatuh ke mouse gaming dan merusak komponen elektronik yang ada di dalamnya.

5. Paham Cara Membersihkan Mouse Gaming

Dan tips merawat mouse gaming agar tetap awet yang terakhir yakni tahu bagaimana cara membersihkan nya. Biasanya pengguna sembrono dalam melakukan pembersihan pada perangkat mouse gamingnya.

Alhasil, bukan mouse menjadi bersih, tetapi juga membuatnya rusak sehingga tidak bisa digunakan.

Untuk membersihkan mouse gaming terbilang sangat mudah, berikut ini langkah-langkahnya:

  • Pertama Anda cabut kabel mouse yang terhubung ke PC atau laptop. Untuk mouse wireless, Anda matikan dulu dengan menggeser tombol switch-nya.
  • Jangan lupa juga untuk mencabut baterai-nya jika Anda menggunakan mouse gaming wireless.
  • Sekarang bersihkan seluruh bodi mouse menggunakan kain microfiber yang diberi sedikit sabun untuk mengangkat kotoran yang menempel. Yang terpenting, jangan sampai sabun atau air masuk ke sela-sela atau lubang di mouse, karena bisa merusak-nya.
  • Anda juga bisa menggunakan tisu basah untuk lebih mudah dalam pembersihan-nya.
  • Untuk bagian optik menggunakan cotton bud untuk membersihkan debu yang menempel. Bersihkan secara perlahan dan jangan menekan terlalu keras.
  • Keringkan bodi mouse menggunakan kain microfiber yang bersih.

Itulah tadi tips mudah merawat mouse gaming agar tetap awet dan nyaman dipakai saat main game. Semoga informasi di atas bermanfaat.

Tinggalkan Balasan:

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *