Tools-Website-Monitoring-Terbaik

Tools Website Monitoring Terbaik

Saat ini sudah banyak tools website monitoring terbaik yang bisa digunakan untuk mengetahui kinerja dari website.

Tidak hanya di sektor kecepatan, Anda juga dapat melakukan pengecekan pada setiap aspek yang berhubungan dengan performa website.

Selain itu, tools yang ditawarkan juga bisa melakukan aktivitas monitoring dalam hitungan menit.

Adanya aktivitas monitoring ini, membuat Anda bisa mengetahui mengetahui elemen mana yang harus diperbaiki agar website bisa tampil optimal.

Di bawah ini tools atau alat yang bisa digunakan untuk melakukan pengecekan pada website.

Apa Itu Tools Website Monitoring?

Tools Website Monitoring merupakan alat yang bisa digunakan untuk memonitor semua elemen yang berhubungan dengan website pengguna.

Seperti, traffic pengujung website, kecepatan uptime, load time, SSL yang digunakan, serangan malware, dan lain sebagainya.

Selain itu, cara ini juga dilakukan agar Anda bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan yang ada di dalam Website.

Tools Web Monitoring Terbaik      

1. StatusCake

Alat pertama yang bisa Anda gunakan untuk memantau website adalah statusCake. Tools populer ini sudah banyak digunakan oleh website-website besar, seperti Netflix, Microsoft, dan JetBrains.

Alasan yang membuat StatusCake populer dikarenakan memiliki fitur yang cukup lengkap. Anda bisa melakukan pengecekan setiap 30 detik dan melakukan pengiriman email jika menemukan sebuah masalah.

Memiliki lebih dari 200 server yang tersebar pada seluruh dunia, membuat Anda bisa melakukan pengecekan di setiap server yang ada di masing-masing negara. ‘

Selain itu, StatusCake juga menawarkan pengguna dengan fitur scan virus dan monitor domain serta SSL. Anda dapat menggunakan tools ini secara gratis, namun untuk hasil yang maksimal silakan bergabung ke layanan premium.

2. Monitis

Monitis merupakan website monitoring yang berdiri sejak tahun 2006. Lebih dari 300 ribu website yang ada di seluruh dunia telah menggunakan layanan Monitis.

Mulai dari Visa, Avis, hingga BMW menggunakan tool ini sebagai kebutuhan monitoring website mereka. Hadir dengan sistem berbasis cloud menjadikan pengguna tidak perlu melakukan proses instalasi.

Kelebihan dari tools ini, yaitu bisa melakukan pemantauan pada uptime website secara hitungan menit. Anda juga bisa melakukan pengecekan pada history website yang disimpan pada dua tahun lamanya.

Selain itu, Monitis juga menawarkan pengguna dengan fitur pengecekan Public IP dan kesehatan server. Tentunya, untuk bisa menikmati semua layanan ini Anda harus melakukan pembayaran.

3. Uptime Robot

Tools berikutnya yang bisa digunakan adalah Uptime Robot. Hadir dengan layanan gratis, membuat Uptime cocok untuk Anda yang tidak ingin mengeluarkan banyak uang.

Selain itu, Uptime Robot juga menawarkan pengguna untuk melakukan monitoring dengan history hingga dua bulan. Tentunya ini sangat cukup untuk Anda mengecek semua masalah yang di website.

4. Pingdom

Pingdom merupakan tools website monitoring terbaik yang bisa Anda pilih. Hal ini dikarenakan Pingdom terkenal sebagai alat yang menyediakan fitur tes kecepatan secara gratis.

Selain itu, tersedia juga layanan unggulan berupa fitur analisis uptime website dari berbagai server di seluruh dunia. Namun, untuk fitur analisis ini hanya bisa dinikmati pada layanan premium.

Harga yang ditawarkan untuk layanan premium ini juga tergolong cukup murah.

Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar 10$ untuk pemakaian selama satu bulan penuh. Tidak hanya itu, pengguna baru juga akan mendapatkan free trial selama 15 hari untuk penggunaan pertama.

5. Montastic

Tools selanjutnya yang bisa digunakan sebagai kebutuhan monitoring website adalah Montastic. Tampil dengan desain yang sederhana, membuat layanan gratis cocok untuk pengguna website kecil ataupun pemula.

Meski bisa digunakan secara gratis, Montastic menawarkan Anda dengan fitur monitoring setiap 30 menit sekali. Jika terdapat kesalahan, website ini akan segera mengirim pemberitahuan kepada Anda.

6. Uptrends

Uptrends merupakan layanan monitoring website yang didirikan sejak tahun 2007. Hadir dengan tool yang powerfull menjadikan provider ini banyak digunakan oleh website besar.

Mulai dari NASA, Discovery Channel, IBM, hingga Shell. Selain itu, Uptrends juga menyediakan layanan gratis untuk pengguna baru selama 30 hari. Tentunya ini membuat Anda bisa melakukan kustomisasi tes sesuai dengan kebutuhan.

7. Host Tracker

Host Tracker adalah tools monitoring yang memiliki fitur sangat berbeda dengan kompetitornya. Hal ini terlihat dari tersedianya fitur lanjutan yang tidak dimiliki oleh tool lainnya.

Tujuan fitur ini agar pengguna bisa mengetahui kesalahan dalam website secara detail. Seperti pengecekan DNS yang masuk daftar blacklist hingga parameter beban yang ada di server.

8. DotCom-Monitor

Tools terakhir yang bisa Anda gunakan adalah DotCom-Monitor. Berdiri sejak tahun 1998 menjadikan tools ini telah memiliki pelanggan aktif sebanyak 25 ribu.

Anda bisa melakukan aktivitas monitoring pada website setiap satu menit. Selain itu, harga paket yang ditawarkan oleh DotCom juga tergolong cukup terjangkau. Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebanyak $1.99 untuk setiap bulan.

Banyaknya tool yang bisa digunakan, membuat Anda bisa melakukan monitoring pada website secara mudah dan cepat.

Tentunya tool ini sangat berguna untuk mengecek kondisi website. Selain itu, Anda juga bisa memilih tools website monitoring terbaik untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Tinggalkan Balasan:

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *