Rekomendasi-Tempat-Wisata-Terbaik-di-Batam

7 Rekomendasi Tempat Wisata Terbaik di Batam

Batam adalah sebuah kota pelabuhan yang strategis dan potensial. Geliat bisnis di Batam begitu tinggi. Hiburan-hiburannya hidup. Selain itu, waktu tempuh dari Batam ke Singapura pun hanya sekitar 55-70 menit saja. Melihat banyaknya potensi menarik di Batam, wajar jika ia menjadi magnet bagi para wisatawan. Nah, apakah kamu tertarik untuk menghabiskan waktu liburan di sana? Selain wisata belanja, terdapat banyak wisata alami dengan pemandangan yang cantik. Berikut 7 rekomendasi tempat wisata terbaik di Batam yang wajib kamu kunjungi saat berlibur ke Batam.

1. Pulau Ranoh

(sumber: instagram.com/sarahnyai_/)
LokasiPulau Abang, Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau (Cek di Google Maps)
Jam buka12.00-00.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Variatif, tergantung paket wisata yang diambil
Rating​​4,8/5 dari 48 ulasan Google
Rute menuju tempat wisata dari kota BatamSekitar 2 jam 20 menit jam via jalur darat dan speed boat
Obyek wisata menarik di sekitar tempat wisataResort, perahu kano, rafting, snorkelling, gazebo, glamping, backpacker room, jetski

Eksotisme Pulau Ranoh memang sudah tersohor di mana-mana. Sekilas, nuansa dari Ranoh seperti Pantai Pandawa atau Pantai Sanur karena pasirnya yang putih. Jadi, jika kamu adalah penyuka pantai, tidak ada salahnya memilih Ranoh sebagai opsi liburan selain ke Bali.

Keindahannya semakin terlihat lewat karakter pasir yang menjorok ke laut. Sehingga, pulau ini seolah bak kapal yang mengapung di lautan biru pualam. Sungguh pemandangan yang begitu menceriakan hati.

Dulunya, Pulau Ranoh adalah pulau tak berpenghuni. Namun, pada tahun 2015, pembangunan pulau dimulai dan dibuatlah berbagai fasilitas penunjang. Maka, jadilah Pulau Ranoh pulau yang atraktif dengan pilihan aktivitas beragam. Nah, apa saja, sih, aktivitas yang bisa kamu nikmati di sana? Mulai dari fasilitas gratis sampai premium, semuanya ada! Ini dia:

  • Bersantai di tepian pantai.
  • Naik perahu kano.
  • Banana boat.
  • Jetski.
  • Ocean rafting.
  • Snorkelling.
  • Selfie.
  • Glamping.
  • Backpacker room.
  • Gazebo.
  • Barbeque.

Untuk pergi ke pulau eksotis ini, kamu harus menempuh dua jenis perjalanan: darat dan laut. Dari Kota Batam, pertama-tama kamu harus pergi melewati Jembatan 6 Barelang hingga Pelabuhan Pulau Labun selama 60 menit. Kemudian, kamu bisa menaiki speed boat selama 20 menit. Lokasi pulau ini terletak di antara Pulau Abang dan Pulau Abang Kecil.

Baik kamu yang ingin berbulan madu atau berlibur bersama anak kecil, Pulau Ranoh akan menjadi pilihan yang tepat! Kamu bisa memilih berbagai jenis paket wisata dan resort yang disediakan oleh pihak travel agent di Pulau Ranoh. Sesuaikan dengan kebutuhan, bujet, dan waktu bermalam yang kamu inginkan.

2. Pantai Viovio

(sumber: instagram.com/semuatentangbatam/)
LokasiDesa Sijantung, Kecamatan Galang, Batam, Kepri (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000,00
Rating4,2 /5 dari 1.119 ulasan Google
Rute menuju tempat wisata dari kota Batam1 jam 8 menit (57,8 km) lewat Jl. Trans Barelang
Obyek wisata menarik di sekitar tempat wisataMakan di warung, menyewa tenda, gazebo, banana boat, ayunan di tengah laut

Ingin mencari wisata yang mudah dijangkau di kota Batam? Yuk, cobain wisata ke Pantai Viovio! Letaknya adalah di dekat Jembatan 5 Barelang, di antara Pulau Rembang dan Pulau Galang. Pantainya yang bersih dan berbagai fasilitas nyaman membuat Pantai Viovio dinobatkan sebagai peringkat #1 dari 10 pantai di Batam favorit anak muda.

Memangnya, apa saja hal menarik yang bisa kamu lakukan di sana? Ini dia:

  • Naik banana boat.
  • Main ayunan di tengah laut.
  • Makan di warung-warung pantai.
  • Berfoto.
  • Menyewa perahu nelayan.
  • Menyewa tenda.
  • Menyewa gazebo.

Salah satu hal spesial di Pantai Viovio adalah deretan gazebo nyaman dengan tirai putih. Pengunjung bisa menyewanya dengan harga Rp150.000,00.

Khusus kamu yang ingin bermalam, kamu hanya bisa menyewa atau membawa tenda untuk berkemah. Namun, jika kamu menginginkan kenyamanan lebih, kamu bisa mencari beberapa hotel atau losmen di sekitar pantai. Terdapat penginapan-penginapan nyaman dalam radius 2-3 kilometer dari pantai.

3. Pulau Petong

(sumber: instagram.com/julianloh03/)
LokasiPulau Abang, Galang, Kota Batam, Kepulauan Riau (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 07.30-23.00
Harga tiket masuk (HTM)Tergantung harga paket wisata
Rating4,4/5 dari 27 ulasan Google
Rute menuju tempat wisata dari kota Batam3 jam dengan perkiraan 2 jam perjalanan darat dan 45 menit-1 jam naik speed boat
Obyek wisata menarik di sekitar tempat wisataPenginapan di tengah laut, diving, snorkelling, makan seafood

Tidak akan ada habisnya membicarakan keindahan pantai di Batam. Buat kamu yang hobi menyelam, ada satu pilihan wisata Batam yang tepat, nih, buat kamu. Namanya adalah Pulau Petong.

Bisa dibilang, Pulau Petong adalah surga bagi penyelam. Pemandangan bawah lautnya begitu mewah dan menakjubkan. Deretan karangnya megah dengan biota laut yang alami dan berwarna.

Di Pulau Petong, ada banyak aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan! Kamu bisa melakukan diving, snorkelling, mendayung kano, makan, sampai menginap! Terdapat sebuah kedai pinggir pantai yang menyediakan olahan seafood murah dan lezat. Selain itu, ada pula penginapan di tengah laut yang teduh. Bayangkan, ketika bangun pagi, kamu akan disambut dengan pemandangan air laut jernih yang menampilkan karang berwarna-warni. Betul-betul secuil surga, bukan?

Untuk pergi ke Pulau Petong dari Batam, kamu memang harus menempuh perjalanan selama tiga jam. Dua jam akan dihabiskan di darat dan 40 menit-1 jam dihabiskan di laut. Namun, kelelahanmu akan terbayar dengan sepaket keindahan yang ditawarkan.

4. Bukit Senyum

(sumber: instagram.com/backpackerjakarta/)
LokasiKp. Seraya, Kec. Batu Ampar, Kota Batam, Kepulauan Riau (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000,00
Rating4,3/5 dari 14 ulasan Google
Rute menuju tempat wisata dari kota Batam14 menit (9,4 km) lewat Jl. Yos Sudarso
Obyek wisata menarik di sekitar tempat wisataSofonta Cafe, Pujasera The Peak

Sudah puas bermain di pantai, kini saatnya naik ke dataran tinggi. Dari Bukit Senyum, kamu dapat menikmati keindahan kota Batam sekaligus Singapura sembari dipeluk oleh udara sejuk. Tentunya, ini merupakan hal yang menarik buat pemburu foto!

Pada malam hari sinar lampu dari kota Batam dan Singapura terlihat megah dari Bukit Senyum. Lampu-lampu itu terlihat seperti hamparan bintang. Ditambah, kamu juga dapat melihat sekelibat aktivitas perkotaan dan kesibukan pelabuhan. Rasanya begitu menenangkan dan eksotis.

Kamu bisa menikmati pemandangan mewah ini di atas bangku-bangku gratis atau sambil nongkrong. Ya, ada beberapa tempat nongkrong asyik di sini! Beberapa di antaranya antara lain Sofonta Cafe dan The Peak Pujasera. Makan makanan favorit sambil melihat pemandangan indah membuat perut sekaligus hati kenyang akan kebahagiaan.

Kendati terletak di dataran yang tinggi, akses menuju Bukit Senyum tidaklah sulit. Dari pusat kota Batam, kamu hanya perlu menempuh jarak kurang dari 10 km. Tak mengherankan jika Bukit Senyum menjadi destinasi favorit akhir minggu atau saat pergantian tahun.

5. Hutan Wisata Bukit Mata Kucing

Hutan Wisata Bukit Mata Kucing, Batam
LokasiJl. Taman Bukit Golf, Tj. Riau,, Kibing, Sekupang, Batam, Riau (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 08.30-18.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000,00 untuk anak-anak dan Rp15.000,00 untuk orang dewasa
Rating4,0/5 dari 671 ulasan Google
Rute menuju tempat wisata dari kota Batam20 menit (16,1 km) lewat Jl. Gajah Mada
Obyek wisata menarik di sekitar tempat wisataJembatan gantung, gazebo, kolam rendam, flying fox, kebun binatang, hutan.

Anak-anak juga punya kesempatan untuk merasakan liburan menarik di Batam. Salah satunya, di Hutan Wisata Bukit Mata Kucing. Nah, tahukah kamu apa yang spesial dari tempat ini?

Hutan Wisata Bukit Mata Kucing mewujudkan imajinasi anak-anak tentang hutan yang unik. Konsep tempat wisata ini adalah kebun binatang mini di tengah hutan alami. Di dalamnya, pengunjung dapat melihat berbagai macam fauna.

Pengunjung bisa melihat fauna buaya Nongsa, primata, ular, dan berbagai macam spesies unggas. Ada pula ikan raksasa arapaima gigas dan arwana emas dengan panjang mencapai 1 meter!

Selain melihat keanekaragaman fauna, pengunjung juga dapat melakukan beberapa aktivitas tambahan, antara lain:

  • Flying fox.
  • Jembatan gantung Burma Bridge.
  • Duduk-duduk di gazebo.
  • Berendam di kolam tengah hutan.

Kebun Binatang ini hanya buka hingga pukul 18.00 WIB agar tetap aman untuk dikunjungi. Pasalnya, pada malam hari, kondisinya terlalu gelap akibat keberadaan pohon-pohon hutan yang tinggi.

6. Tebing Langit Bukit Dangas Sekupang

Tebing Langit Bukit Dangas Sekupang, Batam
LokasiJalan Ir. Sutami, Tanjung Pinggir, Sekupang, Tj. Pinggir, Kec. Sekupang, Kota Batam, Kepulauan Riau (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 07.00-18.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Rp10.000,00
Rating4,1 / 5 dari 1.055 ulasan Google
Rute menuju tempat wisata dari kota Batam20 menit (15,5 km) lewat Jl. Gajah Mada
Obyek wisata menarik di sekitar tempat wisataSpots selfie, lokasi berkemah

Kiwari, Tebing Langit Bukit Dangas Sekupang menjadi empat favorit muda-mudi buat berburu sunset. Berada di dataran yang tinggi di Batam, dari sana, kamu bisa melihat matahari terbit dan terbenam yang sempurna!

Tebing Langit Bukit Dangas memberikan lanskap perbukitan yang begitu cantik. Dari sana, hamparan pemandangan Batam dapat kamu lihat dengan jelas. Sensasinya sama dengan Bukit Senyum. Namun, di sini, kamu dapat menemukan lebih banyak spot selfie.

Pengelola menyediakan banyak spot selfie buatan yang menarik. Misalnya, seperti karpet terbang, rumah burung, dan juga pintu langit. Lokasi-lokasi swafoto ini memberikan kesan ajaib. Seolah-olah, kamu tengah berada di sebuah dunia atas awan.

Bukan hanya untuk selfie, Bukit Dangas juga kerap dijadikan lokasi untuk berkemah, lho. Kamu bisa membawa tenda sendiri atau menyewa dari pengelola. Di malam hari, paling menyenangkan duduk di depan tenda, menyeruput kopi, sembari menikmati gemerlap lampu kota.

7. Mega Wisata Coastarina Batam

(sumber: instagram.com/batamberteman/)
LokasiSadai, Kec. Bengkong, Kota Batam, Kepulauan Riau (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 08.00-22.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Rp25.000,00
Rating4,2/5 dari 3.162 ulasan Google
Rute menuju tempat wisata dari kota Batam9 menit (4,4 km) lewat Jl. Raja H. Fisabilillah
Obyek wisata menarik di sekitar tempat wisataBerbagai wahana, plaza, tempat makan

Mega Wisata Coastarina Batam memadukan unsur taman rekreasi dan juga wisata pantai. Terletak di pinggir laut yang tenang, ada begitu banyak wahana yang disediakan di theme park seluas 40 hektar ini. Di sana, kamu bisa naik bianglala, wahana ekstrem 360 madness, sampai dengan enggrang modern sky runner. Menarik? Banget! Wahana-wahana ini cukup memacu adrenalin dan bukan kaleng-kaleng!

Tepat di tepi pantai, dibangun sebuah plaza besar dengan tulisan Coastarina. Di plaza ini, pengunjung dapat membeli makanan yang dijajakan, duduk-duduk, dan juga berswafoto. Lokasi favorit swafoto biasanya adalah di depan tulisan “Costarina”.

Konsep theme park memang sudah banyak digunakan di berbagai kota. Namun, tidak semua taman rekreasi ada di tepian pantai. Itulah yang menjadikan Coastarina bernilai jual tinggi. Sekarang, Coastarina masih terus melakukan update wahana. Di masa depan, pastinya akan ada banyak wahana lain yang lebih bikin deg-degan!

Tidak mengherankan apabila ada banyak orang yang merekomendasikan Batam sebagai tempat wisata. Ada begitu banyak tempat menarik di sana, bahkan memiliki pesona yang unik jika dibandingkan dengan tetangganya, Singapura. Buat kamu yang ingin menjajal wisata yang variatif dan penuh nuansa gemerlap, segera ke Batam, yuk! Ada banyak cara untuk bersenang-senang di Batam.

Tinggalkan Balasan:

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *