Wisata-Alam-Terbaik-di-Jawa-Barat-yang-Lagi-Hits

10 Wisata Alam Terbaik di Jawa Barat yang Lagi Hits (2022)

Jika membahas tentang destinasi wisata yang ada di Jawa Barat, maka secara umum akan menyebutkan Bandung dan Bogor. Yakni kota favorite banyak orang di Jawa Barat.

Padahal jika menjelajah Jawa Barat lebih dalam, banyak destinasi wisata yang tidak kalah bagus dari dua kota tersebut. Salah satunya destinasi wisata alamnya.

Dalam waktu dekat ini, kamu memiliki rencana liburan di Jawa Barat? Yuk simak 10 rekomendasi wisata alam terbaik di Jawa Barat berikut ini.

1. Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda, Bandung

(sumber: instagram.com/tahuradjuanda.official/)
LokasiKompleks Tahura, Jl. Ir. H. Juanda No.99, Ciburial, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40198 (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 08.00 – 16.00 WIB.
Harga tiket masuk (HTM)Rp15,000 per orang.
Rating ulasan4,5/5.0 – 13.503 ulasan Google.
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataPenangkaran rusa, goa, curug, museum, dan lain-lain.

Berlibur bersama keluarga , tentu saja harus bervariasi. Sehingga, liburan pun tidak terasa membosankan. Banyak jenis kegiatan yang bisa kamu lakukan sebagai agenda liburan dengan keluarga. Dari kolam renang, staycation, mall, hingga pantai sekalipun.

Namun, kami sarankan untuk melakukan rekreasi yang tidak kalah menyenangkan. Kamu bisa berkunjung ke wisata hutan yang ada di Jawa Barat, yakni Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda. Wisata alam ini termasuk kawasan konservasi yang dilindungi dan dikelola oleh pemerintah. Sehingga sangat cocok dikunjungi bersama keluarga, karena sudah terjamin aman.

Untuk masuk ke dalam kawasan taman juga tidak membutuhkan biaya yang mahal. Kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp15,000 per orang. Namun, harga tersebut belum termasuk biaya parkir kendaraan.

Bagi pengguna motor akan dikenakan biaya Rp5,000 dan mobil Rp10,000. Untuk tempat parkirnya pun terlihat luas dan dapat memuat banyak kendaraan. Jadi kamu tidak perlu khawatir tentang tempat parkir yang penuh.

Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda memiliki luas area sekitar 526,98. Wilayah ini dapat mencakup banyak kawasan wisata. Meliputi, hutan pinus, kolam, museum, pusat informasi, monumen, penangkaran rusa, dan fasilitas lainnya.

2. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Cianjur

Kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango
LokasiJl. Kebun Raya Cibodas, Cimacan, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 06.00 – 18.00 WIB.
Harga tiket masuk (HTM)Weekday: Rp17.500 Weekend: Rp20.500
Rating ulasan4,7/5.0 – 5.016 ulasan Google.
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataPemandangan gunung, curug, pepohonan yang asri, dan lain-lain.

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) adalah taman nasional yang ada di Jawa Barat. Lebih tepatnya, keberadaannya ada di kawasan Gunung Pangrango dan Gunung Gede. Destinasi wisata alam ini memiliki luas sekitar 24.270,80 hektar.

Dikelola oleh pemerintah, awalnya taman nasional ini bertujuan untuk menjadi lokasi konservasi ekosistem flora dan fauna. Itulah mengapa taman ini memiliki kekayaan hayati yang begitu berlimpah. Selain itu, taman ini juga menjadi habitat dari berbagai jenis dan spesies hewan tertentu.

Walaupun berlokasi di kawasan pegunungan, TNGGP tidak hanya dijadikan sebagai wisata taman nasional dan pendakian saja. Kamu bisa melakukan banyak aktivitas di sini, karena destinasi wisatanya beragam dan tidak membosankan.

Faktanya, kawasan pegunungan memang sudah menjadi tempat ternyaman bagi flora dan fauna. Sama halnya dengan area TNGGP, bahwa di taman nasional tersebut telah hidup berbagai spesies satwa dan tumbuhan. Bahkan, spesies yang langka pun juga ada.

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango juga ditunjang dengan fasilitas yang memadai untuk pengunjung pakai. Antara lain adalah kebun raya, pusat informasi, pos pendakian, penunjuk jalur pendakian, area berkemah, dan fasilitas umum lainnya.

3. Taman Nasional Gunung Ciremai, Kuningan

(sumber : https://www.instagram.com/tryrtn/)
LokasiBabakanmulya, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 01.00 – 19.50 WIB.
Harga tiket masuk (HTM)Weekday: Rp5.000 Weekend: Rp7.500
Rating ulasan4,7/5.0 – 2.173 ulasan Google.
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataPemandangan gunung, pepohonan asri, camping area dan lain sebagainya.

Gunung menjadi salah satu obyek wisata untuk menyegarkan pikiran. Dengan suasana yang tenang, sejuknya udara, dan pemandangan alam sekitarnya, tentu menjadi daya tarik tersendiri. Hal ini pun tidak terkecuali untuk Taman Nasional Gunung Ciremai, Jawa Barat.

Para pengunjung dapat melakukan banyak kegiatan yang menarik di kawasan Gunung Ciremai. Mulai dari pendakian, camping, mempelajari sejarah, atau bahkan hanya menikmati pemandangan alam saja. Dengan hal yang ditawarkan Taman Nasional Gunung Ciremai, liburan kamu pun terasa semakin menyenangkan.

Jika kamu merasa belum terlalu hafal dengan kawasan ini, maka kamu dapat menggunakan jasa biro perjalanan. Pilihlah paket liburan yang murah untuk bisa menikmati pemandangan yang indah dari gunung ini. Dengan daya pikatnya, Taman Nasional Gunung Ciremai dapat membuat pikiran kamu menjadi tenang.

Destinasi wisata ini juga menghadirkan atraksi wisata alam yang begitu menakjubkan. Oleh sebab itu, tidak hanya pendaki saja yang sering berkunjung. Bahkan, selain wisatawan lokal, banyak juga wisatawan asing yang sering datang untuk berlibur.

Untuk setiap pengunjung yang datang, tentu akan membayar biaya tiket masuk. Namun, tarif biaya biasanya akan tergantung jenis wisatawan. Baik itu wisatawan lokal, asing, maupun kategori lainnya.

4. Kebun Raya Bogor, Bogor

Kawasan Kebun Raya Bogor
LokasiJl. Ir. H. Juanda No.13, Paledang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 08.00 – 16.00 WIB.
Harga tiket masuk (HTM)Weekday: Rp16.500 Weekend: Rp26.500
Rating ulasan4,7/5.0 – 82.912 ulasan Google.
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataTaman, danau, spot foto menarik, dan lain sebagainya.

Kebun Raya Bogor adalah destinasi wisata berupa kebun botani yang berada di kawasan Kota Bogor, Jawa Barat. Lebih tepatnya, Kebun Raya Bogor berada di dalam istana Bogor. Lokasi Kebun Raya Bogor tidak sulit untuk ditemukan. Hal ini karena luasnya mencapai 87 hektar dan menjadikannya hampir memenuhi seluruh pusat yang ada di Kota Bogor.

Ketika kamu memasuki pusat Kota Bogor, maka kamu dapat melihat semua sisi Kebun Raya Bogor. Objek wisata ini kerap dijadikan sebagai tujuan untuk rekreasi, baik masyarakat sekitar, luar daerah, maupun wisatawan asing. Dengan berbagai jenis tanaman yang ada, membuat Kebun Raya Bogor memiliki tempat yang teduh dan sejuk.

Selain itu, Kebun Raya Bogor juga menawarkan kelas edukasi untuk pengunjung. Sehingga, para pengunjung pun dapat belajar mengenai perkebunan. Mulai dari dasar berkebun, cara untuk merawatnya, cara memperbanyak tanaman, maupun materi bermanfaat lainnya.

Ketika mempelajari jenis tanaman di Kebun Raya Bogor, kamu akan dibimbing oleh para ahli. Salah satu jenis tanaman yang bisa kamu pelajari adalah bunga Anggrek. Selain itu, ada juga kelas edukasi tentang tanaman Araceae.

Dengan adanya kelas edukasi tersebut, kamu akan mendapatkan pengalaman yang bagus tentang ilmu botani. Mengenal lebih dalam tentang kebun raya, mendapatkan wawasan berkebun secara detail. Kelas edukasi ini bisa diikuti oleh semua kalangan.

5. Ranca Upas, Bandung

(sumber: instagram.com/dewi3520/)
LokasiJl. Raya Ciwidey – Patengan No.KM. 11, Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 07.00 – 16.00 WIB.
Harga tiket masuk (HTM)Nusantara: Rp25.000 Mancanegara : Rp44.000
Rating ulasan4,5/5.0 – 9.870 ulasan Google.
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataCamping area, kebun strawberry, ATV, kolam renang, dan lain-lain.

Ranca Upas adalah kawasan yang cocok kamu jadikan sebagai tempat berkemah, karena dalam pengawasan dan pengelolaan pemerintah. Ranca Upas merupakan salah satu tempat camping di Bandung yang paling diminati wisatawan. Karena Ranca Upas memberikan pengalaman camping yang asyik dan panorama alamnya memesona.

Ranca Upas sendiri sering dijadikan sebagai kawasan untuk tempat berkemah. Dengan begitu, memang kegiatan berkemah sangat cocok dilakukan pada tempat seperti Ranca Upas. Inilah yang membuat berbagai kalangan bisa dengan mudah menikmati suasana berkemah di sana.

Area camping di Ranca Upas memiliki tempat yang begitu luas dan dapat menampung banyak orang. Bahkan, wisata alam ini juga pernah dijadikan tempat untuk melakukan jamboree tingkat nasional. Dengan suasana alam dan keindahannya, tentu menambah daya tarik Ranca Upas tersendiri.

Tidak hanya melakukan kemah saja, kamu juga bisa melakukan banyak aktivitas lainnya di Ranca Upas. Salah satunya adalah berinteraksi dengan rusa yang ada di penangkaran rusa Ranca Upas. Biasanya, para pengunjung dapat memberikan makanan secara langsung dan berfoto dengan rusa-rusa di sana.

Secara umum, wisatawan akan berkunjung ke Ranca Upas untuk camping. Oleh sebab itu, aktivitasnya memang dapat mengeluarkan biaya tambahan yang tidak sedikit. Namun, untuk harga tiket masuk memang terbilang terjangkau. Agar kamu bisa menghemat biaya, bawalah tenda dan peralatan lainnya sendiri ketika ingin berkemah.

6. Situ Bagendit, Garut

(sumber: instagram.com/info_banyuresmi/)
LokasiSukamukti, Kecamatan Banyuresmi, Kabupaten Garut, Jawa Barat (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 08.00 – 17.00 WIB.
Harga tiket masuk (HTM)Rp25.000 per orang.
Rating ulasan4,4/5.0 – 184 ulasan Google.
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataPemandangan indahnya alam sekitar, jembatan, spot foto, dan lain-lain.

Menjadi salah satu destinasi wisata yang terkenal di Garut, Jawa Barat. Situ Bagendit tidak hanya menawarkan keindahan saja, namun ditunjang juga dengan spot wisata yang menarik di dalamnya. Sehingga, ketika kamu berkunjung, maka kamu akan merasa dimanjakan. Inilah yang menyebabkan Situ Bagendit menjadi salah satu tujuan berlibur banyak orang. Baik masyarakat Jawa Barat maupun daerah lainnya.

Untuk menikmati keindahan alam yang Situ Bagendit tawarkan, kamu tidak perlu membutuhkan biaya yang mahal. Dengan tarif biaya yang terjangkau, kamu sudah bisa menikmati berbagai spot wisata yang ada di sana. Harga tiket masuknya sendiri adalah Rp20.000 untuk per orang, dan biaya parkir kendaraan Rp2.000 (motor) dan Rp5.000 (mobil).

Situ Bagendit menyajikan pemandangan alam yang dapat memanjakan jiwa dan pikiran dari segala kepenatan yang ada. Selain keindahan panorama alamnya, kamu juga bisa melakukan berbagai kegiatan menarik lainnya.

Antara lain seperti berfoto secara aesthetic, dapatkan foto terbaik agar kebutuhan media sosial kamu terpenuhi. Selain itu, ada juga wahana permainan air yang bisa pengunjung sewa. Salah satunya adalah sepeda air.

Kamu dapat mengelilingi Situ Bagendit dengan menggunakan perahu yang sering disewakan untuk para wisatawan. Tentu saja dengan harga tiket sewa yang beragam. Oleh sebab itu, jangan lewatkan untuk datang ke Situ Bagendit dan buatlah liburan yang menyenangkan. Dengan pesona yang berlimpah tersebut, tentu sangat sayang untuk kamu lewatkan.

7. Situ Gunung Suspension Bridge, Sukabumi

(sumber: instagram.com/marksman_chesss/)
LokasiJl. Kadudampit, Gede Pangrango, Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 07.00 – 16.00 WIB.
Harga tiket masuk (HTM)Anak-anak: Rp25.000 Dewasa: Rp50.000
Rating ulasan4,7/5.0 – 5.660 ulasan Google.
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataPepohonan, jembatan panjang, camping ground, dan lain sebagainya.

Situ Gunung Suspension Bridge menjadi jembatan Indonesia terpanjang pada bagian Asia Tenggara. Bagi kamu yang menyukai wisata tidak biasa, maka kamu dapat mencoba melewati jembatan ini. Jembatan dengan panjang yang mencapai 243 meter ini dapat menguji adrenalin para pengunjungnya. Karena berada di tengah hutan, sehingga membuatnya masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Gede Pangrango (TNGP).

Selain menjadi objek wisata, jembatan ini juga menjadi jalan penghubung menuju kawasan Curug Sawer. Ketika kamu melewatinya, perpaduan antara gunung dan pepohonan yang memesona akan menarik perhatian kamu. Meskipun termasuk wisata yang cukup menguji adrenalin, namun keseruan saat melewati jembatan akan sangat mendebarkan.

Jembatan di Situ Gunung Suspension Bridge memiliki ketinggian yang mencapai 150 meter dari permukaan tanah. Kamu akan memerlukan waktu sekitar 10 menit untuk dapat sampai ke ujung jembatan tersebut. Jembatan ini dapat menampung daya sampai 55 ton, namun hanya 40 orang saja yang dapat berada di atasnya.

Selain jembatan, para pengunjung juga dapat menikmati fasilitas lainnya. Antara lain seperti berenang di Curug Sawer, flying fox, danau Situ Gunung, dan fasilitas umum lainnya.

Wisatawan juga dapat menikmati pertunjukan budaya yakni tari tradisional di Ampiteater, atau bahkan berkemah. Memang banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan di sana, sehingga kamu pun tidak akan merasa bosan.

8. Taman Wisata Karang Resik, Tasikmalaya

(sumber : https://www.instagram.com/fitrianiv3/)
LokasiJl. Mohamad Hatta, Sukamanah, Kecamatan Cipedes, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 09.00 – 16.00 WIB.
Harga tiket masuk (HTM)Rp35.000 per orang.
Rating ulasan4,3/5.0 – 8.373 ulasan Google.
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataSeluncur air, labirin, rumah pohon, dan lain-lain.

Ketika berkunjung ke daerah Tasikmalaya, maka Taman Wisata Karang Resik wajib untuk kamu datangi. Apalagi jika libur akhir pekan, tempat ini sangat ramai dikunjungi oleh para wisatawan. Hal ini karena Taman Wisata Karang Resik menawarkan berbagai wahana yang dapat menarik perhatian. Selain itu, ada juga wisata alam yang akan memanjakan mata.

Destinasi wisata ini sangat lengkap dan cocok untuk menemani hari libur kamu. Taman Wisata Karang Resik dilengkapi dengan fasilitas yang menunjang, sehingga spot wisatanya pun tidak monoton. Dengan begitu, liburan kamu akan terasa lebih menyenangkan dan berkualitas.

Menjadi salah satu destinasi wisata yang populer di Tasikmalaya, tentu membuat wisata ala mini ramai wisatawan. Baik itu wisatawan lokal maupun daerah lainnya. Spot wisata di sana sangat menyenangkan, seperti seluncuran air untuk berenang, labirin, rumah pohon, dan lain sebagainya.

Dengan menikmati liburan di Taman Wisata Karang Resik yang memiliki fasilitas pendukung berkualitas, pengunjung pun akan semakin betah. Untuk fasilitas pendukungnya, antara lain adalah penginapan, warung makan, gazebo, area parkir, toilet, dan fasilitas umum lainnya.

9. Pantai Santolo, Garut

(sumber: instagram.com/frntrzky/)
LokasiPamalayan, Cikelet, Kabupaten Garut, Jawa Barat (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 24 jam.
Harga tiket masuk (HTM)Rp4.000 per orang.
Rating ulasan4,3/5.0 – 10.419 ulasan Google.
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataAir laut, pasir putih, warung, jembatan, dan lain sebagainya.

Ingin menikmati suasana liburan yang menyenangkan di Garut, Jawa Barat? Kamu dapat mengunjungi berbagai destinasi wisata yang menarik. Salah satunya adalah Pantai Santolo. Pantai yang satu ini sangat terkenal di berbagai kalangan, tentu saja ramai pengunjung yang berdatangan. Cocok untuk kamu jadikan sebagai referensi tempat liburan.

Untuk dapat menikmati pesona alam yang Pantai Santolo tawarkan, maka kamu perlu membayar tiket masuk sebesar Rp4.000 per orang. Biaya tersebut tidak termasuk tarif parkir kendaraan. Untuk parkir, kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp3.000 (motor) dan Rp5.000 (mobil).

Ketika sampai di kawasan Pantai Santolo, banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan. Salah satunya adalah berjemur sambil menikmati suasana sejuknya pantai, sehingga jiwa dan pikiran pun terasa damai. Faktanya, memang suasana pantai dapat dijadikan sebagai relaksasi tubuh. Dengan perpaduan antara suara ombak dan embusan angin, membuatnya semakin menakjubkan.

Selain menikmati keindahan di sekitar pantai, kamu juga bisa bermain wahana permainan. Misalnya seperti banana boat, menaiki kapal, dan lain sebagainya. Jangan lupa untuk mengabdikan segala momen dengan menggunakan kamera, karena Pantai Santolo cocok digunakan sebagai background foto aesthetic.

10. Kebun Raya Cibodas, Cianjur

(sumber: instagram.com/kireita9/)
LokasiJl. Kebun Raya Cibodas, Sindangjaya, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat (Cek di Google Maps).
Jam bukaSetiap hari, 08.00 – 18.00 WIB.
Harga tiket masuk (HTM)Weekday: Rp15.000 Weekend: Rp20.000
Rating ulasan4,6/5.0 – 11.306 ulasan Google.
Objek wisata menarik di sekitar tempat wisataBerbagai jenis tanaman, danau, dan lain-lain.

Destinasi wisata alam yang satu ini sangat cocok kamu kunjungi untuk mengedukasi anak-anak. Di Kebun Raya Cibodas, kamu akan melihat ekosistem alam yang sangat menakjubkan. Terlihat berbagai pepohonan hijau yang mengelilingi kawasan Kebun Raya Cibodas dan keasrian masih terjaga.

Dengan kondisi alam yang sejuk, tentu menjadikannya sebagai salah satu destinasi wisata favorite banyak orang. Tempat ini berada di ketinggian mencapai 1.000 meter dengan pemandangan hutan dan pegunungan. Sehingga membuatnya terasa sejuk dan begitu nyaman untuk para wisatawan.

Untuk biaya masuknya sendiri cukup murah, yakni kisaran Rp15.000 hingga Rp20.000 saja. Bahkan, pihak pengelola juga menyediakan paket tour untuk membuat pengunjung semakin nyaman. Namun paket tersebut hanya untuk rombongan saja. Paket tersebut sudah tergolong biaya tiket masuk, konsumsi, dan berbagai fasilitas lainnya.

Menyediakan fasilitas yang mumpuni untuk segala kebutuhan pengunjung, fasilitasnya pun berkualitas dan penuh kenyamanan. Antara lain adalah pusat informasi, danau, berbagai jenis tanaman, lapangan parkir yang luas, dan lain-lain.

Selain itu, Kebun Raya Cibodas juga menyediakan area bermain anak-anak. Ada juga fasilitas umum, seperti kamar mandi, mushola, pendopo, dan lain sebagainya. Bagi kamu yang ingin berkemah di sini, maka terbuka untuk umum. Hal ini karena camping ground Kebun Raya Cibodas memiliki luas 3 hektar dan dapat menampung banyak tenda.

Jika membahasnya, destinasi wisata alam di Jawa Barat memang tidak ada habisnya. Memiliki lokasi yang strategis dan mudah ditemukan, membuat pengunjung ramai berdatangan.

Kamu dapat melakukan banyak kegiatan yang menyenangkan, disertai dengan pemandangan alam yang begitu memesona. Nikmati waktu liburan kamu dengan menyaksikan panorama alam dan sensasi asri yang membuat damai pikiran maupun jiwa. Selamat menikmati liburan dan jangan lupa untuk selalu menjaga kawasan wisata dari sampah!

Tinggalkan Balasan:

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.