Tempat-Wisata-Terbaik-di-Karawang-yang-Lagi-Hits

7 Tempat Wisata Terbaik di Karawang yang Lagi Hits

Ketika membicarakan Karawang, sebagian besar dari kita tak berbicara soal wisata. Ya, Karawang memang salah satu pusat industri terbesar di Indonesia. Sehingga, orang-orang akan pergi ke Karawang untuk bekerja. Namun, kota ini rupanya menyimpan banyak potensi wisata yang cantik. Bahkan, beberapa di antaranya ramah anak. Coba wisata yang berbeda di kota industri, yuk! Berikut 7 tempat wisata terbaik di Karawang:

1. Wonderland Adventure Waterpark Galuh Mas Karawang

(sumber: instagram.com/wonderlandadventurewaterpark/)
LokasiJl. Galuh Mas Raya No.1, Telukjambe, Kec. Telukjambe Tim., Kabupaten Karawang, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSenin-Kamis: 09.00-16.00 WIB Jumat-Minggu: 08.00-16.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Hari biasa: Rp60.000,00 Hari libur: Rp85.000,00
Rating4,3 dari 4.563 ulasan Google
Rute menuju tempat wisata dari kota Batam18 menit (9.0 km) via Jl. Suhud Hidayat
Obyek wisata menarik di sekitar tempat wisataEmber tumpah, kolam busa, gorilla slides

Karawang memiliki sebuah tempat wisata favorit anak-anak. Namanya adalah Wonderland Waterpark Galuhmas. Ada begitu banyak jenis kolam dan juga wahana yang disediakan. Wahana-wahana itu antara lain adalah mandi busa, gorilla slides, kapal bajak laut, hingga ember tumpah.

Dengan banyaknya wahana yang ada, tentu anak-anak akan betah di sana. Namun tenang saja. Wahana ini tidak hanya diperuntukkan bagi anak-anak. Orang dewasa pun bisa menikmatinya. Wahana favorit orang dewasa adalah perosotan raksasa yang sangat seru dan memicu adrenalin.

Setelah lelah bermain di berbagai Wahana kamu bisa membeli makanan di beberapa outlet. Makanan yang jual variatif mulai dari snacks sampai dengan makanan yang besar.

2. Hutan Kertas

Wisata-Karawang---Hutan-Kertas
(sumber: instagram.com/ahmadnuragung/)
LokasiKutamekar, Kec. Ciampel, Kabupaten Karawang, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, jam 08.00-23.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Weekdays: Rp10.000,00 Weekend: Rp15.000,00
Rating4,0 dari 2.980 ulasan Google
Rute menuju tempat wisata dari kota Batam41 menit (23.1 km) via Jl. Tol Jakarta – Cikampek
Obyek wisata menarik di sekitar tempat wisataKafe, lokasi swafoto, hutan pohon eucalyptus, jembatan

Apa yang membuat hutan ini dinamai hutan kertas? Rupanya istilah itu berasal dari tanaman yang tumbuh di sana. Ya, hutan ini ditumbuhi oleh pohon-pohon Eucalyptus. Eucalyptus, selain bisa memproduksi minyak kayu putih, batangnya juga bisa dijadikan kertas.

Di kemudian hari, kawasan ini pun berbenah dan berubah menjadi sebuah tempat wisata yang Instagramable. Pohon-pohon Eucalyptus di sana tumbuh begitu subur, membuat tempat menjadi rindang. Untuk mempercantik suasana, dipasanglah lampion-lampion dan hiasan dari kertas. Sehingga, kini banyak wisatawan yang mengasosiasikan nama kertas ini dengan hiasan-hiasan yang ada di sana.

Kamu juga bisa menikmati waktu di kafe yang berada di tengah hutan. Kafe ini sangat cantik, seolah menyatu dengan alam. Lampu-lampunya pun memberikan suasana magis. Maka, tak mengherankan apabila Hutan Kertas juga menjadi tempat favorit untuk prewedding dan pernikahan.

3. Pantai Sedari Karawang

(sumber: instagram.com/rynrsnnto/)
LokasiSedari, Cibuaya, Karawang Regency, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)Rp15.000,00
Rating4,0 dari 2.510 ulasan Google
Rute menuju tempat wisata dari kota Batam1 jam 28 menit (51.2 km) via Jl. Proklamasi
Obyek wisata menarik di sekitar tempat wisataBeach park, warung makanan, hutan bakau

Ada beberapa wisata alam yang indah di Karawang, salah satunya adalah Pantai Sedari Karawang. Pantai Sedari merupakan salah satu destinasi pantai Karawang terfavorit wisatawan. Pantai ini memberikan pemandangan alam yang seolah seperti oase di tengah kota industri.

Di Pantai Sedari, kamu bisa menikmati beberapa hal. Yang pertama, kamu bisa makan di warung-warung yang langsung berhadapan ke laut. Jadi, sambil menikmati makanan-makanan dengan harga terjangkau, kamu bisa menatap keindahan perairan yang seolah tiada batas.

Selain itu, terdapat hutan mangrove yang cantik. Hutan bakau ini berguna untuk menahan abrasi sekaligus sebagai pemanis tempat wisata. Di sana, dibangun pula sebuah jembatan menuju hutan bakau yang kerap dijadikan lokasi untuk swafoto.

Walaupun fasilitas yang ada di sana tidak banyak, tetapi keindahan pantai sangat cukup untuk melepaskan rasa penat.

Untuk menjangkau pantai ini, kamu hanya bisa menggunakan kendaraan pribadi. Pasalnya, tidak ada kendaraan umum yang akan mengantar kamu menuju ke sana

4. Curug Cigentis

(sumber: instagram.com/rezky.nuary/)
LokasiMekarbuana, Tegalwaru, Mekarbuana, Tegalwaru, Kabupaten Karawang, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 07.00-17.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Rp20.000,00
Rating4,4 dari 2.218 ulasan Google
Rute menuju tempat wisata dari kota Batam1 jam 32 menit (49.0 km) via Jl. Raya Pangkalan
Obyek wisata menarik di sekitar tempat wisataSaung, tempat makan

Ternyata, masih ada banyak surga tersembunyi di Kabupaten Karawang, lho. Salah satunya bernama Curug Cigentis. Nah, sudahkah kamu tahu seperti apa kecantikan dari destinasi wisata yang satu ini? Mari kita ulas di sini.

Curug Cigentis seolah adalah gerbang menuju dunia yang berbeda. Tidak ada kebisingan di sana. Suara yang terdengar hanya gemercik air yang turun dari ketinggian 25 m dan suara burung-burung. Air itu mengalir menuju kolam tempat di mana kamu bisa berendam.

Sambil berendam kamu bisa menghirup udara segar dan melihat cantiknya pemandangan. Sederhana, memang, tetapi cukup menenangkan.

Masih di area air terjun, terdapat beberapa saung dan juga tempat makan dari bambu. Tempat ini bisa kamu digunakan untuk bersantai, mengenyangkan perut, tentunya sambil menikmati suasana yang cantik.

5. Taruma Leisure Waterpark

Taruma Leisure Waterpark, Karawang
LokasiPerum Grand Taruma Jalan Raya Tol, Sukamakmur, Kec. Telukjambe Tim., Kabupaten Karawang, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 08.00-18.00 WIB
Harga tiket masuk (HTM)Rp50. 000,00
Rating4,2 dari 1.121 ulasan Google
Rute menuju tempat wisata dari kota Batam16 menit (10.8 km) via Jl. Lingkar Tanjungpura
Obyek wisata menarik di sekitar tempat wisataKolam ombak, kolam malas, tempat makan, wisata edukasi hewan

Selain Galuh Mas, masih ada satu wahana air yang bisa kamu kunjungi di Karawang. Namanya adalah Taruma Leisure Waterpark. Wahana rekreasional yang ada di sini begitu menarik, bahkan bisa dinikmati oleh orang dewasa loh

Sudahkah kamu tahu apa saja wahana yang ditawarkan oleh Taruma Leisure Waterpark? Yuk kita jelajahi di sini.

Yang pertama adalah Crazy Wave. Crazy Wave merupakan kolam dengan ombak besar. Di atasnya, kamu akan merasa seperti berselancar di lautan:sangat menantang! Walaupun terdengar mengerikan, kolam ini cukup aman kok untuk anak-anak. Kemudian, kebalikan dari Crazy Wave adalah Lazy River. Kolam ini berkonsep sungai, di mana kamu bisa mengapung di atasnya dengan ban. Kemudian, bersantai hingga ketiduran.

Selain itu, terdapat pula Animal Education Farm. Tempat ini menyajikan pertunjukkan hewan-hewan yang menarik. Anak-anak bahkan bisa berinteraksi dengan hewan-hewan. Hal ini adalah pengalaman yang edukatif dan tak terlupakan bagi mereka.

Jadi, kalau mau wisata keluarga ke Karawang, tentu kamu sudah tahu tempatnya, bukan?

6. Danau Sea Game Ciampel

Danau Sea Game Ciampel, Karawang
LokasiDesa ciampel danau, Mulyasari, Kec. Ciampel, Kabupaten Karawang, Jawa Barat (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)
Rating4.3 dari 778 ulasan Google
Rute menuju tempat wisata dari kota Batam36 menit (19.1 km) via Jl. Raya Pantura
Obyek wisata menarik di sekitar tempat wisataPulau buatan, wisata perahu

Dulunya danau yang dikenal dengan nama Danau Cipule ini adalah bekas tempat penggalian pasir yang terbengkalai. Namun, pemerintah kemudian memutuskan untuk mengubahnya menjadi sebuah danau yang cantik dengan pemandangan yang indah. Tidak tanggung-tanggung, bahkan dibangun pulau buatan di tengah danau tersebut.

Nah, mengapa Danau Cipule ini disebut danau Sea Games? Rupanya, pada tahun 2011, danau ini menjadi lokasi Kompetisi Cabang Dayung SEA GAMES XXVI 2011. Revitalisasi pun dilakukan, salah satunya dengan penanaman pohon. Pohon-pohon yang ditanam di sekeliling danau membuatnya terlihat cantik dan juga sejuk. Terdapat pula warung yang menyediakan masakan ikan mas dan ikan darat lainnya.

Untuk menuju ke pulau buatan, kamu bisa menyewa perahu dari penduduk lokal. Mendayung sambil menikmati suasana danau sungguh sebuah hal yang sangat menyenangkan.

7. Bendungan Walahar

(sumber: instagram.com/radarkarawang/)
LokasiJl. Bendungan Walahar No.48, RT.5/RW.2, Bend. Hilir, Kecamatan Tanah Abang, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta (Cek di Google Maps)
Jam bukaSetiap hari, 24 jam
Harga tiket masuk (HTM)
Rating4.1 dari 609 ulasan Google
Rute menuju tempat wisata dari kota Batam17 menit (10.1 km) via Jl. Raya Pantura
Obyek wisata menarik di sekitar tempat wisataJembatan, tempat pemancingan

Bendungan Walahar sarat akan sejarah. Bangunannya pun telah berdiri semenjak zaman Belanda. Sehingga, nuansa klasik sangat terasa di sana.

Secara fungsi, Bendungan Walahar adalah pengatur  debit air sungai Citarum dan pengairan bagi sawah. Pada musim hujan, fungsinya bertambah. Yakni, sebagai penahan air agar tidak banjir.

Dari segi rekreasi, bendungan ini kerap dijadikan lokasi untuk memancing, swafoto, atau sekadar bersantai. Ya, arsitektur bangunan yang unik cukup menarik sebagai latar untuk berfoto. Kamu seolah seperti terlempar ke masa lalu.

Bendungan Walahar paling ramai pada sore hari. Banyak muda-mudi yang duduk di tepian danau atau melihat keindahan danau dari atas jembatan.

Begitu banyak tempat wisata yang ada di Karawang. Bahkan, tempat-tempat wisata itu dapat kamu masuki dengan harga yang amat terjangkau. Jadi, apakah kamu sudah memilih tempat wisata yang tepat? Jangan lupa untuk menyesuaikannya dengan bujet dan siapa yang kamu ajak ke sana, ya! Semakin matang perencanaan, wisata pun akan semakin nyaman.

Tinggalkan Balasan:

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.